Kenali Bisnis Anda dan Gunakan Jasa Desain Logo

Pada masa pandemi, secara global ekonomi menurun. Banyak perusahaan dikabarkan harus tutup. Namun, perhatikanlah! Banyak pula bisnis baru bermunculan. Jika usaha Anda termasuk yang kedua, itu artinya jasa desain logo profesional dan murah akan anda butuhkan. Kenapa? Alasannya akan dibahas disini.

Intinya, di masa sulit seseorang tidak boleh berhenti bergerak. Dari pergerakan nantinya akan timbul kesempatan. Jika diam saja, Anda tidak akan memperoleh apapun.

Mengenali Potensi Bisnis dari Hobi

Tidak sedikit orang yang merasa dirinya tidak memerlukan jasa desain logo karena tidak dapat membangun bisnis, meski kecil. Sebenarnya tidak demikian, setiap orang mempunyai potensi. Beberapa di antaranya masih tersembunyi sehingga tidak diketahui.

Salah satu yang paling mudah untuk dikenali adalah potensi bisnis dari hobi yang dimiliki. Bagaimana caranya? Berikut sedikit uraian yang dapat membantu.

1. Mengetahui Cara Agar Hobi Menghasilkan Uang

Hampir tidak ada orang yang mempunyai kegiatan yang disukai atau hobi. Namun, banyak yang tidak mengetahui bagaimana caranya hobi dapat menghasilkan uang. Padahal di sini diasumsikan, bahwa semua hobi dapat menjadi sesuatu yang produktif.

Hal pertama yang dilakukan adalah bertanya, apakah dari hobi dapat membuat sesuatu menjadi produk barang atau jasa? Di sini peran Anda sebagai produsen.  Membuat kue, menjahit baju, memperbaiki sesuatu merupakan hobi yang disulap membuat Anda berproduksi. Apakah hobi bermain game dapat masuk dalam kategori di atas? Semua tergantung dari sudut mana Anda memandang. Pada level tertentu pun akun game dapat bernilai jutaan rupiah.

Jika Anda sudah menemukan dari sisi mana hobi dapat menjadi bisnis, tinggal memikirkan cara menarik pemirsa atau konsumen. Setelah itu, tentu saja memberi edukasi kepada masyarakat bahwa mereka membutuhkan sesuatu yang dijual.

Artikel atau tulisan ini misalnya, merupakan edukasi agar Anda menyadari pentingnya jasa desain logo.

2. Survei Target Pasar atau Konsumen

Langkah kedua dalam mengenali potensi bisnis adalah membuat survey target pasar. Yang termudah adalah memastikan dulu produk bisnis yang ingin dikembangkan. Setelah itu, barulah survei melalui sosial media dan literasi lain tentang kebutuhan konsumen akan produk yang dihasilkan.

Dalam bisnis tidak ada barang yang gagal laku. Tidak ada pula produk yang terlalu mahal. Semua kembali kepada target pasar yang akan dituju. Harga 1 juta, untuk sebuah mukena yang adem dan dilengkapi boks bagus sebagai pengantar hadiah tidak mahal bagi masyarakat kelas ekonomi menengah ke atas. Namun, pemasaran mukena tersebut tidak berhasil jika dijual dengan target pasar sebaliknya

3. Menganalisis Persaingan Bisnis

Tidak berhenti sampai menganalisa pasar, Anda juga harus tahu persaingan bisnis. Sebagai pengusaha, Anda harus tahu produk lain yang sejenis alias saingan bisnis. Setelah itu pertimbangkan keunikan yang kedepannya menjadi ciri khas.

Kemasan atau detil produksi menjadi hal pertama yang bisa dilihat pada barang fashion. Barang boleh sama mukena. Namun, kemasan kado yang sudah siap dapat dijadikan nilai tambah.

Beberapa pengusaha memasukkan nilai sedekah di dalam produk. Sepuluh persen dari keuntungan akan diberikan pada korban bencana. Orang akan tertarik cara ini, membeli sekaligus menyumbang.

4. Mengetahui Biaya dan Keuntungan

Faktor nomor 4 paling penting dan harus diperhatikan saat Anda menjalankan hobi menjadi bisnis. Banyak pemula yang memberikan harga murah tetapi kebingungan saat harus menjual banyak. Ternyata ketika itu terjadi hampir tidak ada keuntungan yang diperoleh.

Hal di atas terjadi pada hobi yang membutuhkan kerajinan tangan, seperti merajut,  menyulam dan lain-lain. Sulit menentukan harga karena merasa kemahalan.

Jika itu yang terjadi, Anda tidak menghargai diri sendiri. Handmade di luar negeri dijual mahal karena dibuat dengan penuh perasaan dan cinta.

5. Mempersiapkan Mental Saat Hobi Menjadi Bisnis

Hobi merupakan kegiatan menarik yang dilakukan seseorang. Penghilang rasa jenuh dari kegiatan sehari-hari. Jika hobi dijadikan ladang mata pencaharian, Anda harus bersiap menghilangkan kata have fun di dalamnya.

Pertama kali dikembangkan, Anda akan merasa tekanan dari konsumen untuk memproduksi terus pesanan mereka. Jika sebelumnya membuat kue agar hati senang. Kini Anda harus membuat kue yang sama apapun kondisinya.

Kapan Anda Membutuhkan Jasa Desain Logo

Setelah mengetahui potensi bisnis yang dimiliki, Anda harus menerapkan berbagai cara digital marketing. Salah satunya dengan membuat logo dan motto atau tagline yang mudah diingat.

Saran yang terbaik dalam membuatnya, tidak perlu berpikir panjang untuk membuat logo melalui jasa desain logo. Anda dapat menemukan banyak manfaat logo untuk sebuah bisnis yang tidak diuraikan di bawah ini.

Agar manfaat dapat diperoleh maksimal, jasa desain logo diperlukan. Usaha ini cukup berpengalaman dalam membuat logo dan berbagai jenis keperluan internet marketing lainnya.

Kapan Anda membutuhkan jasa tersebut?

Logo seharusnya diperlukan sejak pertama kami membuat bisnis. Hampir tidak mungkin, misalnya berjualan dapat sukses menjual produk tanpa merek.

Merek yang biasanya mencantumkan logo menandakan, bahwa usaha yang dimiliki dikelola dengan profesional dan sungguh-sungguh. Orang yang membeli produk barang atau jasa Anda juga akan lebih yakin dengan kualitas yang ditawarkan. Apalagi jika dilengkapi dengan ijin lain.

Misalnya, di dekat logo tercantum kode halal dan izin industri perdagangan untuk produk makanan.

Jadi, agar kesuksesan langsung dapat mengiringi langkah bisnis Anda sebaiknya membuat perusahaan dengan lengkap. Jika modal terbatas, paling tidak logo dan konsep bisnis jelas. Anda mempunyai target yang pas. Lama kelamaan semua kebutuhan usaha akan dilengkapi dengan bertahap.

Kriteria Logo Efektif yang DIbuat Jasa Desain Logo

Tidak semua logo yang ada efektif dan berfungsi bagus. Untuk usaha awal atau pemula, Anda dapat membuat logo sementara hingga tahapan mewujudkan semua keinginan.

Namun, Anda perlu tahu bahwa membuat logo tidak memerlukan biaya besar. Banyak yang menawarkan dengan harga di bawah seratus ribu rupiah. Cukup terjangkau untuk start up yang baru saja memulai usaha dan kegiatan UMKM. Jasa desain logo pun akan membuatkan Anda desain yang tepat dan efektif sesuai fungsinya.

Kriteria logo yang efektif, antara lain:

  1. Sederhana, agar orang secara umum mudah mengingat setiap detilnya. Ini akan membuat mereka langsung ingat Anda di saat membutuhkan.
  2. Unik meski pada dasarnya tidak ada logo yang sama persis.
    Logo boleh sama KFC, tapi singkatan berbeda. Orang akan ingat, bahwa Anda menjual ayam yang mirip KFC dengan harga lebih terjangkau.
  3. Mudah diingat
  4. Serba guna, tidak hanya dapat digunakan sebagai branding tetapi juga untuk stempel, amplop, kop surat, cetak brosur dan lain-lain.
  5. Sesuai dengan brand yang Ingin dibangun agar orang lain dapat menarik informasi yang ingin disampaikan. Jangan membuat logo fashion dengan KFC, misalnya. Mesti mudah diingat tetapi mungkin terjadi salah informasi.
  6. Tahan lama, kalau perlu tidak perlu berganti sepanjang bisnis masih ada. Seperti logo Nike yang sudah dikenal bertahun-tahun. Jika akan melakukan pergantian pun harus dipikirkan benar dampak brandingnya.

 

Sudah siap melejit dengan bisnis yang sudah ada atau baru akan dibangun? Jangan lupa untuk membuat logo anda pada jasa desain logo terbaik.