Mudahnya Budidaya Ikan Julung (Ikan Cucut)

Budidaya ikan julung atau budidaya ikan cucut sangat menarik untuk anda simak. Ikan ini sering ditemui di sawah, sungai, atau perairan lain dengan ciri khas mulut ikan runcing, tubuh panjang, persis alligator.

Sebagai ikan herbivor, ikan julung-julung memakan algae, serangga, dan bahan-bahan kering lainnya pada permukaan. Banyak orang menyukai ikan julung-julung karena tampilannya yang unik untuk ikan hias akuarium. Berikut adalah cara budidaya ikan julung.

Mudahnya Budidaya Ikan Julung (Ikan Cucut)

1. Siapkan Indukan

Anda harus pergi ke toko ikan hias terlebih dahulu untuk mencari indukan ikan julung-julung. Indukan jantan punya tubuh ramping dan lebih kecil. Sebaliknya, ikan julung betina punya tubuh lebih besar dan perutnya tampak buncit.

2. Pemijahan Ikan Julung

Dalam budidaya ikan julung, anda harus memijahkan kedua indukan dalam akuarium, bak plastik, kolam, atau lainnya. Masukkan tanaman air sampai wadah benar-benar rimbun agar anakan ikan dapat bersembunyi. Tujuannya adalah agar anakan ikan julung-julung tidak dimakan induk.

Karena sedang beranak, perhatikan ketika ada indukan ikan julung yang berenang pada tanaman air rimbun. Tunggu sampai semua anak keluar dan pindahkan kedua indukan pada wadah lain. Cara lainnya adalah dengan mengambil langsung anakan ikan julung satu per satu supaya tidak segera dimangsa oleh indukannya.

3. Makanan Ikan Julung

Ikan julung sering makan binatang kecil yang terjatuh pada permukaan air. Contohnya, serangga darat, telur, moluska, material tumbuhan, dan lainnya.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Julung

Mudahnya Budidaya Ikan Julung (Ikan Cucut)

Menurut berbagai sumber di Internet, budidaya ikan julung terbukti menjanjikan. Ikan asal Indonesia ini seringkali diperjualbelikan. Bahkan, ikan julung juga sudah diekspor menjadi ikan hias ketika sudah berukuran 5-7 cm.

Harga ikan julung D. pussila bisa mencapai Rp 6.000 per ekor pada tahun 2013. Sedangkan untuk kepentingan ekspor bisa mencapai harga US$4,93 pada tahun 2014.

Keunggulan ikan Julung adalah memiliki begitu banyak spesies, bentuk unik, dan variasi warna yang lebih banyak. Sehingga, komoditas ikan julung menjadi hal penting untuk dikembangkan sebagai ikan endemik Indonesia bagi masyarakat yang gemar koleksi ikan hias. 

Ingin tau info menarik selanjutnya? Kunjungi website Suksespedia