Pengertian HRIS dan Keuntungannya bagi Perusahaan

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan atau pebisnis dalam meningkat produktivitas usahanya. Salah satunya dengan mengelola sumber daya manusianya yang mana diperlukan pemilihan tenaga yang selektif sesuai bidangnya. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan sistem HRIS.

Human Resource biasa juga disebut dengan istilah manajemen sumber daya manusia atau SDM ialah bagian terpenting didalam suatu Perusahaan. Oleh karena itu, SDM sangat penting diperhatikan dalam Perusahaan apapun. Ketika Perusahaan tidak memiliki SDM yang baik, maka ada kemungkinan Perusahaan akan kesulitan untuk berkembang menjadi lebih baik. 

Selain itu, untuk mengelola SDM bukanlah hal yang harus dianggap remeh, karena mengelola SDM tidak mudah. Hal ini dikarenakan manusia memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda. Dengan demikian, Perusahaan harus jeli untuk memilih SDM yang baik agar bisa memanajemen karyawan dengan sangat baik.

Jika mengelola SDM tidak mudah, Admin akan memberikan solusi terbaik untuk mengelola SDM dengan mudah dan efektif. Karena pada dasarnya jika mengelola SDM secara manual, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang baik. Saat ini sudah banyak yang menggunakan software HRIS Indonesia untuk manajemen sumber daya manusia menjadi otomatis.

Pengertian HRIS

HRIS atau biasa dikenal dengan sebutan human resource information system. HRIS memiliki tujuan yang sangat baik yaitu adalah untuk mengelola hubungan dengan sumber daya manusia seperti penggajian, absensi, dan lain sebagainya.

keuntungan menggunakan hris

Semua hal tersebut dilakukan dengan otomatis, Menurut majapahit.id, di bawah ini ada keuntungan utama bagi UKM dan Perusahaan yang wajib Anda ketahui, mari kita simak pembahasannya sebagai berikut.

Lebih menghemat waktu dan tempat

Yang paling menjadi prioritas penggunaan sistem HRIS pada UKM ataupun perusahaan adalah lebih menghemat waktu ketika mengolah data karyawan yang dilakukan oleh tim HR. Selain itu, penggunaan HRIS dapat menghemat tempat karena HRIS sendiri berupa suatu aplikasi sistem informasi HR yang mengelola sumber daya manusia dengan efektif dan efisien.

Lebih menghemat biaya operasional

Setelah keuntungan HRIS dapat menghemat waktu dan tempat, selanjutnya HRIS juga bisa menghemat biaya operasional. Jadi jika suatu perusahaan atau bisnis UKM yang awalnya pengelolaan datanya disimpan secara manual yang memanfaatkan benda fisik seperti kertas atau yang lainnya kini tergantikan dengan sistem HRIS.

Sistem HRIS dapat menyimpan banyak data karyawan dari seluruh sub unit pekerjaan. Mulai dari pembagian kerja, pengendalian kualitas kerja, sistem absensi, payroll dan lain sebagainya.

Dapat meminimalisir terjadinya kesalahan

Apa itu HRIS dan keuntungan utama penggunaan bagi UKM dan perusahaan selanjutnya adalah penggunaan HRIS mampu meminimalisir terjadinya kesalahan dalam menginput atau menghitung data suatu informasi karyawan. Karena pada sistem HRIS telah dirancang fitur pengisian dan perhitungan secara otomatis dan juga dilengkapi koreksi otomatis apabila terjadi kekeliruan input.

Mampu meningkatkan kinerja perusahaan atau bisnis

Penggunaan HRIS pada pengelolaan sumber daya manusia yang bekerja pada suatu perusahaan dapat meningkatkan produktivitas atas kinerja yang dilakukannya. Hal tersebut didasarkan pada proses administrasi yang dilakukan secara efektif dan efisien menggunakan HRIS. Dimana para karyawan telah tersimpan datanya dengan sistem tanpa lagi diinput secara manual.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai apa itu HRIS dan keuntungan utama penggunaan bagi UKM dan perusahaan. Keuntungan akan diperoleh pebisnis UKM ataupun perusahaan apabila proses pemilihan sistem dan penerapan HRIS dilakukan secara benar dan terstruktur.