Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Ilmu Komunikasi

Pastinya anda pernah mendengar jurusan ilmu komunikasi kan? Tentu saja jurusan yang satu ini cukup diminati oleh banyak orang, tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di luar negeri. Nah, untuk anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan jurusan yang satu ini, berikut ulasan selengkapnya.

Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi

Nah, sesuai dengan namanya bahwa jurusan ilmu komunikasi yaitu sebagai jurusan yang mempelajari tentang berbagai jenis serta tingkatan komunikasi yang berhubungan erat terhadap interaksi antar manusia yang merupakan makhluk sosial. Sehingga jurusan ilmu komunikasi bukan berarti hanya belajar bagaimana cara berbicara saja. Komunikasi sendiri mempunyai berbagai bentuk, dan salah satunya adalah termasuk tulisan. Sehingga jurusan ini bisa jadi cocok bagi anda yang introvert. Jurusan ilmu komunikasi pada dasarnya mempunyai 3 bidang peminatan, yaitu:

–    Jurnalistik

Untuk anda yang bercita-cita ingin melakukan liputan, menulis berita, atau wawancara, maka peminatan ini sangat cocok untuk anda. Jurnalistik adalah peminatan yang memperdalam tentang jurnalisme dan komunikasi media massa. Nah, media massa tersebut seperti media online, TV, perfilman, dan radio.

–    Advertising

Peminatan ini mempelajari mengenai teknik pengiklanan hingga strategi pemasaran terhadap aspek komunikasi. Sehingga orang-orang yang memang bekerja di dunia periklanan akan membutuhkan orang-orang yang memang kreatif, memiliki ide-ide yang menarik, dan sebagainya agar dapat menarik perhatian dari iklan tersebut.

–    Public relation

Peminatan ini erat kaitannya dalam menjalin relasi maupun penghubung antar perusahaan, institusi, atau dengan masyarakat. Yang mana bisa dikatakan bahwa setiap perusahaan, badan organisasi, institusi, atau bahkan anda sendiri pun mempunyai citra-nya, public relation dibutuhkan dalam menjembatani citra perusahaan kepada public.

Sebenarnya peminatan dari jurusan ini cukup beragam, yang tergantung pula dari perguruan tingginya, sehingga untuk anda yang tertarik dengan jurusan ilmu komunikasi, jangan lupa untuk mencari tahu apa-apa saja peminatannya dengan baik.

Mata Kuliah pada Jurusan Ilmu Komunikasi

Biasanya ketika pertama kali anda memasuki jurusan ini, maka anda akan diajarkan terlebih dahulu mata kuliah dasar yaitu sosial dan komunikasi, misalnya mata kuliah sosiologi komunikasi, pengantar ilmu komunikasi, teori ilmu komunikasi, psikologi komunikasi, dan sebagainya. Ada pula mata kuliah di semester-semester berikutnya yang memang populer seperti public speaking, media relations, public relations, fotografi, hingga komunikasi politik. 

–    Public speaking 

Mata kuliah ini akan mempelajari teori-teori dasar public speaking hingga metode atau teknik presentasi maupun persuasi, yang mana hal ini sangat berguna dalam melatih mahasiswa saat berkomunikasi, baik secara tulisan maupun verbal ketika menyampaikan suatu informasi tertentu di depan umum. 

–    Psikologi komunikasi

Mata kuliah yang satu ini mempelajari tentang keterkaitan atau hubungan antara psikologi dan komunikasi yang sebenarnya pada dunia nyata. Tentu saja tujuan mata kuliah psikologi komunikasi adalah supaya mahasiswa bisa memahami tentang psikologi secara umum, yaitu di dalam bidang komunikasi pastinya. 

–    Komunikasi politik

Ilmu komunikasi mempunyai cakupan yang luas, termasuk pada bidang politik juga memiliki mata kuliahnya sendiri. Nah, mata kuliah komunikasi politik akan mempelajari tentang berbagai komponen mengenai komunikasi politik supaya menciptakan keterampilan ketika memilih pendekatan komunikasi.

Bagaimana, sudah tahu kan apa itu jurusan ilmu komunikasi? Nah, untuk anda yang tertarik mendaftar kuliah dengan mudah, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan goKampus. Dengan aplikasi ini, daftar kuliah akan semakin mudah, dan gak ribet. Semoga bermanfaat!