Penggunaan Teknologi dalam Pembangunan Rumah

Penggunaan teknologi dalam pembangunan rumah sekarang ini sudah semakin marak. Banyak teknologi-teknologi baru yang bermunculan dan diterapkan dalam pembangunan rumah. Tujuannya tentu saja untuk membantu proses pembangunan menjadi lebih mudah dan cepat. Teknologi tersebut diantaranya adalah teknologi precast, domus revo, prima wall system, dan konstruksi cetak 3D. Nah, sudahkah kamu mengenal keempat teknologi tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini biar kamu makin familiar dengan teknologi pembangunan rumah ini.

Teknologi Precast

Pembangunan rumah yang memakan waktu lama menjadikan alasan kenapa teknologi ini mulai dikembangkan. Teknologi precast ini merupakan teknologi yang memanfaatkan pembuatan beton dengan cara dicetak sesuai dengan ukuran yang ditentukan. Teknologi ini tergolong cukup praktis dalam pembuatan rumah, hanya saja masih belum sepenuhnya dikembangkan di Indonesia. Umumnya, proses pembangunan dengan teknologi precast masih banyak diaplikasikan untuk pembangunan perumahan, high rise building, dan bangunan superblok. 

Proses produksi beton precast sendiri menggunakan bantuan mesin precast yang terbaru. Teknologi tersebut sudah lolos uji kualitas dan diketahui hasilnya lebih presisi. Selain proses pengerjaan pembangunan rumah yang lebih cepat, penggunaan teknologi precast juga memberikan keuntungan lain. Beberapa diantaranya bisa tahan akan gempa dan meminimalisir kerusakan, selain itu pembuatan dinding beton yang mudah dan cepat, permukaan dari dinding bisa lebih halus, terhindar dari kebocoran dan kedap suara.

Domus Revo

Inovasi teknologi baru dalam pembangunan rumah berikutnya dikenal dengan domus revo. Pada teknologi ini, bagian-bagian bangunan diproduksi oleh pabrik dan dilengkapi dengan penjelasan mengenai perakitannya. Sehingga, akan memudahkan masyarakat yang ingin membangun rumah dalam jangka waktu yang cepat. Bahkan, diketahui pembangunan rumah dengan teknologi ini bisa selesai dalam kurun 5 hari saja.

Disamping itu, tenaga kerja yang dibutuhkan untuk penggunaan teknologi ini juga tak terlalu banyak. Hal ini sangat menguntungkan karena bisa meminimalisir anggaran yang dikeluarkan. Lalu, mengingat bahan yang digunakan sudah disesuaikan, maka tak akan ada bahan yang tersisa dan bisa mengurangi limbah. Teknologi domus revo sendiri sudah pernah diaplikasikan dalam pembangunan rumah untuk para korban bencana di Lombok, NTB.

Prima Wall System

Prima Wall System atau PWS merupakan teknologi pembangunan rumah yang dikembangkan oleh PT Prima Graha Bangun Tunggal. Pembangunan rumah dengan teknologi ini hampir mirip dengan teknologi precast dimana dinding akan berupa full beton yang ditanam dalam tanah. Proses pengerjaan rumah dengan PWS juga diketahui lebih cepat dan tahan terhadap bahaya gempa.

Pengaplikasian teknologi ini masih terbatas untuk rumah satu lantai, namun sudah cukup efisien dalam penerapannya. Hal ini dikarenakan pembangunan rumah dengan teknologi PWS memungkinkan pemilik rumah untuk memanfaatkan ‘sirip’ pada bagian rumah sebagai penyekat ruangan atau bahkan difungsikan sebagai lemari penyimpanan. Kedepannya tidak menutup teknologi ini akan dikembangkan lebih lagi, sehingga lebih memudahkan masyarakat Indonesia yang akan membangun rumah lebih cepat.

Konstruksi Cetak 3D

Pernahkah kamu membayangkan suatu rumah dihasilkan dari suatu printer 3D? Teknologi konstruksi cetak 3D atau printer 3D ini menjadi teknologi terbaru di dunia arsitektur yang dapat digunakan untuk pembangunan rumah. Contoh penggunaan teknologi ini telah diterapkan untuk pembangunan rumah 2 lantai oleh perusahaan asal Belgia. Proses pembuatan rumah bahkan bisa berlangsung hanya dalam kurun waktu 15 hari saja.

Dalam penggunaannya, teknologi konstruksi cetak 3D ini lebih banyak memanfaatkan robot sebagai operator. Sehingga, membutuhkan ahli khusus yang mampu mengoperasikan dan menangani robot tersebut. Di lain sisi, teknologi ini juga terbilang masih cukup mahal mengingat setiap komponennya juga membutuhkan perawatan yang tidak murah.

Nah, itu dia teknologi yang menjadi inovasi terbaru dalam pembangunan rumah. Beberapa teknologi tersebut sudah mulai digunakan dalam pembuatan rumah di Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai inovasi-inovasi baru dalam pembangunan rumah, jangan lupa untuk kunjungi perpusteknik yang menyuguhkan rangkaian informasi di dunia teknik dan konstruksi.