Pengertian dan Manfaat Menerapkan Strategi Pemasaran

Jika Anda ingin menjual produk maka tentunya akan membutuhkan sebuah strategi atau cara. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan bisnis Anda perlu memahami tentang strategi marketing. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan manfaat dari strategi marketing.

Pengertian Strategi Pemasaran

strategi pemasaran

Strategi marketing atau strategi pemasaran adalah semua rencana dari pemasaran bisnis supaya dapat menjangkau konsumen. Tidak hanya sekedar menjangkau calon pembeli, namun strategi ini juga berupaya untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan produk yang Anda sediakan.

Dalam suatu perusahaan, strategi marketing dapat meliputi cara pemasaran paling baik, proposisi nilai perusahaan, informasi tentang target pelanggan, dan lain-lain. Pada umumnya strategi ini juga merencanakan bagaimana cara menjabarkan jenis serta waktu kegiatan promosi.

Perusahaan diwajibkan untuk mempunyai rencana yang lebih panjang dibandingkan dengan rencana pemasaran secara individu. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran mempertaruhkan elemen-elemen penting suatu perusahaan dan proporsi nilai.

Rencana pemasaran tentunya berbeda dengan strategi marketing. Meskipun berbeda, kedua hal tersebut memiliki hubungan yang erat. Strategi dan rencana pemasaran tidak bisa disatukan satu definisi.

Strategi pemasaran mencakup gambaran umum mengenai apa yang akan perusahaan tawarkan, misalnya pesan merek dan proposisi nilai. Sedangkan rencana pemasaran merupakan suatu cara bagaimana perusahaan menyampaikan pesannya, seperti iklan, platform, dan lain-lain.

Manfaat Strategi Marketing

Secara umum, terdapat tiga manfaat dari pengembangan dalam strategi pemasaran, yaitu:

1. Distribusi Menjadi Lebih Efisien

Anda akan menjadi lebih paham secara detail apa yang diperlukan perusahaan setelah menerapkan strategi marketing. Hal-hal yang akan dipahami ialah siapa target pelanggan dari suatu produk serta perkiraan harga yang dapat ditawarkan. 

Oleh karena itu, perusahaan akan dengan mudah menentukan cara distribusi yang lebih efektif dan efisien. Contoh ketika ingin menawarkan produk ke demografi yang lebih muda, maka harus menyediakan opsi pembelian secara online.

Jadi, dengan memberikan kemudahan pelanggan dalam berbelanja merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, loyalitas konsumen atau pelanggan pun juga akan meningkat.

2. Membangun Citra Brand/Merek

Apabila suatu bisnis tidak memiliki citra merek yang solid, maka bisnis tersebut tidak akan bisa bertahan lama. Hal ini merupakan salah satu aspek di mana strategi marketing mampu membantu perusahaan.

Uang untuk biaya iklan akan menjadi sia-sia pada saat perusahaan menempatkan iklan di platform yang tidak sesuai. Dalam hal ini yang dimaksud tidak sesuai adalah tidak sesuai dengan citra merek suatu produk.

Anda akan lebih banyak mendapatkan wawasan yang bagus ketika mengembangkan citra merek produk. Oleh karena itu, hindari menempatkan iklan pada platform yang tidak sesuai.

3. Menciptakan Produk yang Menjual

Pemasaran atau marketing tidak hanya sekedar melakukan promosi sebuah produk yang dihasilkan. Akan tetapi, marketing yang efektif ialah yang mampu menarik perhatian konsumen dan memahami apa yang mereka butuhkan.

Apabila Anda merasa bahwa produk Anda kurang atau tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen, maka Anda perlu mendesain ulang strategi pemasaran Anda. Desain ulang tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Anda bisa memulainya dari 7P atau yang kita sering sebut sebagai marketing mix. Misal saja di Produk, apakah produk tersebut sesuai dengan need and want nya konsumen?

Kalau belum, coba lakukan riset pemasaran. Produk sudah lanjut ke Price (harga). Apakah harganya sudah sesuai? Terlalu mahalkah? 

Pertanyaan-pertanyaan seputar 7P itu sangat membantu kita dalam memikirkan strategi pemasaran yang tepat.

Hal ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mempertahankan serta meningkatkan status Anda di pasar. Seringkali perusahaan harus mengubah desain produknya ketika terjadi perubahan ekonomi dan teknologi.