Benarkah Teknologi Cloud Tidak Seaman On-Premise?

Banyak yang meragukan keamanan dari penyimpanan cloud dibandingkan dengan penyimpanan secara on-premise, namun apakah benar demikian? mari kita bahas. 

Kurangnya Pemahaman dalam Menjaga Keamanan Data

Menurut Wieland Alge, VP dan GM dari Barracuda Network masalah keamanan justru lebih rentan terjadi pada on-premise IT yang terkesan jadul. banyak orang terlalu cepat menyimpulkan bahwa teknologi cloud tidak cukup aman untuk data perusahaan, padahal ini sebenarnya hanyalah karena kurangnya pemahaman tentang fitur yang ada pada teknologi cloud itu sendiri.

Kontrol Terhadap Keamanan Data 

Data yang tersimpan pada infrastruktur internal atau on-premise memang akan terasa lebih mudah mengontrolnya karena kita mengetahui di mana data tersebut tersimpan, dengan begitu kita akan mempunyai kebebasan dalam mengatur dan memilih sistem keamanan data yang diinginkan.

Tapi perlu diingat untuk dapat memastikan keamanan data pada infrastruktur internal on-premise anda diharuskan untuk memiliki dan mengupdate perangkat lunak maupun keras anda, dimana anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk melakukannya. Selain tentang keamanan data anda dari para hacker, anda juga harus mengamankan data anda apabila terjadi kerusakan pada mesin fisik tersebut yang dapat berdampak pada hilangnya data perusahaan anda.

Banyak anggapan yang mengatakan bahawa jika anda menggunakan layanan cloud maka kontrol data pada perusahaan akan berkurang, namun kenyataannya anggapan ini keliru bila dilihat dari fakta yang ada pada penyedia layanan cloud sekarang.

Perusahaan penyedia layanan cloud tidak hanya bersaing dalam kepuasan pelanggan dan harga yang murah namun mereka juga bersaing memberikan pelayanan keamanan data client mereka. Untuk dapat membuat layanan cloud mereka harus lulus dalam tes keamanan internasional seperti FISMA dan SOC 2 Type II sebelum mereka diperbolehkan merilis produk cloud yang berkualitas dan layak dipasarkan.

Karena itulah anggapan yang menyatakan bahwa jika menggunakan cloud tidak seaman jika menggunakan on-premise dapat dibantah, mengingat standarisasi yang telah dilakukan perusahan penyedia cloud.

Salah satu layanan cloud terbaik adalah layanan google workspace milik google, harga google workspace tidak terlalu mahal dibandingkan dengan fitur dan layanan yang ditawarkan.