Cara Membuat Cincin Batok Kelapa Yang Unik dan Lucu

Alih-alih digunakan sebagai limbah atau bahan bakar, batok kelapa bisa dibuat menjadi cincin kerajinan. Di bawah ini adalah cara membuat cincin batok kelapa.

Batok Kelapa

Batok kelapa ialah bagian dari buah kelapa yang memiliki karaakteristik endokrap, keras dan dilapisi oleh batok kelapa. Biasanya batok kelapa paling banya digunakan untuk bahan kerajinan, bahan bakar dan briket.

Batok kelapa memiliki komposisi kimia yang mirip dengan kayu dan mengandung lignin, pentosa, dan selulosa.

Batok kelapa biasanya digunakan sebagai bahan makanan pokok pembuatan arang dan arang aktif. Pasalnya, batok kelapa merupakan bahan yang mampu menghasilkan nilai kalori sekitar 6.500 – 7.600 Kkal / gram. Untuk menguji nilai kalori batok kelapa dengan bomb calorimeter.

Cincin Batok Kelapa

Cincin bisa menjadi barang yang biasa diberikan kepada orang tersayang. Namun batok kelapa bisa dijadikan peluang bisnis yang menarik untuk cincin.

Cincin yang biasanya terbuat dari emas atau perak kali ini terbuat dari batok kelapa. Cangkang cincin tidak hanya unik, tetapi bisa juga divariasikan dengan berbagai motif yang menarik.

Cara Membuat Cincin Batok Kelapa

Alat dan bahan:

  • Batok kelapa yang sudah dikupas dengan mesin batok kelapa
  • Mesin amplas
  • Bentuk pola
  • Mesin bor plong tempurung kelapa
  • Gergaji
  • Lem kayu
  • Alat ukiran atau alat pahat
  • Amplas manual
  • Pilox

Cara Membuat Cincin Tempurung Kelapa :

  1. Pertama kita perlu menyediakan batok kelapa yang ada disekitar kita.
  2. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghaluskan serat kasar dari pecahan tempurung kelapa ialah mesin amplas. Jika tidak ada mesin di rumah, kita bisa mencari cara lain untuk meratakan batok kelapa.
  3. Bentuk pecahan batok kelapa sesuai dengan lingkaran jari anda supaya lebih mudah mencetak pecahan batok kelapa menjadi cincin.
  4. Kemudian kita cetak dulu lingkaran cincin dengan bor yang sudah memiliki bentuk pola.
  5. Alat ini berfungsi untuk pecahan batok kelapa, sehingga hasilnya terlihat lebih menarik dan lebih baik.
  6. Setelah semuanya dihaluskan kita perlu menggunakan lem untuk menggabungkan potongan batok kelapa yang sudah dipotong menjadi satu. Lem yang direkomendasikan adalah lem kayu, sehingga lem akan langsung merekat ke pecahan cangkang dan hasilnya akan lebih baik.
  7. Untuk menambah nilai estetika atau keindahan pada cincin tersebut, kita dapat mengukir bagian manapun dari cincin tersebut sesuai dengan keinginan kita.
  8. Amplas manual digunakan untuk memperhalus cincin yang hampir jadi agar hasilnya terlihat lebih menarik dan indah.
  9. Pilox adalah salah satu pewarna yang kami gunakan untuk meningkatkan keindahan cincin sehingga cincin kami terlihat lebih mewah saat diwarnai dengan Pilox.
  10. Cincin sudah siap pakai, kita bahkan bisa memasarkan cincin batok kelapa sebagai usaha jika ada permintaan

Sekian pembahasan tentang cara membuat cincin tempurung kelapa yang bisa digunakan untuk kerajinan dan ide bisnis. Selamat mencoba.