Tips Efektif Membiasakan Anak untuk Sikat Gigi

Sikat gigi adalah kegiatan yang sangat baik dan mudah untuk merawat kesehatan mulut dan gigi. Untuk itu, sangat penting untuk  diajarkan kepada anak sejak dini. Anda bisa memulainya pada saat giginya mulai tumbuh. Ya, membiasakannya menyikat gigi sejak dini penting untuk menjaga kesehatannya. Karena sikat gigi adalah kegiatan yang sering mengalami penolakan, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Pilihlah Sikat Gigi yang Memiliki Bulu Halus dan Punya Gagang Sikat yang Lucu

sikat gigi untuk gigi berkawat

gambar diambil dari jb-dental.com
 

Yang pertama, Anda harus memperhatikan dari sikat gigi si Kecil terlebih dahulu. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu yang halus sehingga lebih nyaman dipakai dan juga tidak melukai gusi di Kecil. Pemilihan serat sikat yang halus juga akan mempermudah dalam membersihkan gigi dengan lebih baik.

Untuk menimbulkan semangat sikat gigi pada anak, tak ada salahnya Anda mencoba untuk memilih sikat gigi yang lucu. Ya, biasanya sikat gigi anak memiliki warna yang unik dan juga memiliki karakter yang unik pula.

Pilihlah mana yang paling anak Anda sukai karena sebagai orang tua pastinya Anda tahu apa yang menjadi favorit si Kecil. Kemudian, jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali dan pilihlah karakter yang berbeda agar si Kecil tidak bosan dengan sikatnya.

Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride dan Tidak Bahaya Ketika Ditelan

Untuk melatih si Kecil untuk mau sikat gigi adalah gunakan pasta gigi yang aman jika tertelan. Ya, banyak sekali pasta gigi yang diciptakan khusus untuk anak dengan bahan alami serta bahan yang aman apabila tertelan.

Ya, si kecil memang masih belajar di mana refleks seorang anak masih kental dengan memegang, memakan, dan menelan. Jadi, pemilihan pasta gigi yang bisa ditelan menjadi hal yang wajib untuk si Kecil.

Selain itu, Anda juga harus memilih pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Namun, sebaiknya pilih yang kadarnya rendah. Fluoride sangat baik untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat, namun jika banyak tertelan akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.

Ajak Anak untuk Menyikat Gigi Bersama-sama Secara Teratur

Selanjutnya, untuk membentuk kebiasaan menggosok gigi seharusnya Anda bisa mengajak anak untuk menyikat gigi bersama-sama secara teratur. Anda bisa mengajak anak setiap setelah selesai sarapan dan juga sebelum tidur menyikat gigi bersama.

Walaupun sebenarnya anak di bawah 2 tahun itu umumnya belum benar dalam menyikat gigi, namun untuk membentuk kebiasaan, Anda bisa membiarkan dirinya untuk melakukannya sendiri. Dampingi saja dengan Anda juga yang melakukan sikat gigi. Lakukan gerakan yang benar agar dicontoh oleh si Kecil.

Pakai Air Matang untuk Berkumur

Sebagai permulaan, sebaiknya Anda memakai air matang untuk si Kecil berkumur. Air matang yang hangat juga lebih bermanfaat untuk mengangkat kotoran pada mulut si kecil. Dengan memakai air matang maka apabila si kecil menelannya tidak masalah. Namun, tetap ajarkan kepadanya untuk tetap mengeluarkan air  untuk kumur tersebut.

Berikan Apresiasi Ketika Anak Mau Menggosok Giginya Secara Teratur

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat si Kecil mau sikat gigi dan merawatnya dengan baik. Sikat gigi sering kali ditolak oleh anak-anak dengan berbagai alasan. Oleh karena itu, pembiasaan yang dilakukan sejak kecil akan membuat kegiatan ini terpatri dan menjadi sebuah kebutuhan.

Artikel ini persembahan dari

Tooth Signature, klinik gigi kelapa gading.
Jl. Bulevard Raya RA19 nomer 10 Kelapa Gading, Jakarta Utara
WA: 0899-4880-433
https://www.toothsignature.com