6 Keunggulan Kelapa Pandan Wangi

Sebagai negara yang terkenal memiliki garis pesisir yang panjang. Tidak akan sulit untuk menemukan buah kelapa di wilayah Indonesia. Buah yang biasa menjadi minuman isotonic ini memang biasanya tumbuh pada daerah pesisir pantai. Salah satu jenis buah kelapa yang saat ini sangat banyak dicari oleh orang-orang Indonesia adalah kelapa pandan wangi.

Bibit kelapa pandan wangi mulai banyak dibudidayakan oleh petani kelapa karena dinilai memiliki berbagai macam keunggulan. Keunggulan-keunggulan kelapa pandan wangi tersebut antara lain :

1.    Memiliki Rasa & Aroma Pandan

Sesuai dengan namanya, kelapa pandan wangi memiliki aroma yang unik dan khas, yakni aroma pandan. Bukan hanya buahnya yang memiliki aroma tersebut. Tetapi jika anda mencoba membakar sedikit daun kelapa ini. Maka aroma pandan akan keluar dari daunnya. Kemudian rasa air kelapa pandan wangi sangatlah manis, sehingga anda tidak perlu menambahkan gula saat meminumnya. Sampai saat ini belum ada yang mampu menandingi kelezatan rasa kelapa pandan wangi.

2.    Pohonnya Sangat Genjah

Pohon kelapa pandan wangi diketahui memiliki sifat yang genjah alias dapat berbuah dengan cepat. Hanya membutuhkan waktu 3 hingga 5 tahun setelah masa penanaman maka pohon kelapa pandan wangi sudah mampu berbuah dan dapat dipanen. Bukan hanya cepat berbuah, tapi pohon kelapa pandan wangi memiliki masa produktif yang cukup Panjang. Setelah berusia 15 tahun kelapa pandan wangi masih produktif menghasilkan buah.

3.    Sangat Produktif

Selain sangat genjah pohon kelapa pandan wangi juga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Satu pohon kelapa pandan wangi bisa menghasilkan buah sebanyak 120 hingga 180 buah kelapa dalam kurun waktu satu tahun. Biasanya masa produktifnya ini dimulai saat bibitnya berumur 4 tahun setelah masa penanaman.

4.    Memiliki Pohon yang Pendek

Pohon yang pendek juga merupakan sebuah keunggulan. Karena dapat memudahkan petani dalam memanen buahnya. Sehingga akan mengurangi resiko terjadi cidera karena kecelakaan saat pemanenan. Pohon kelapa pandan wangi rata-rata memiliki tinggi sekitar 2 – 6 meter.

5.    Harga Buahnya Mahal

Jika anda petani dan menjual buah kelapa pandan wangi, anda pasti akan mendapatkan keuntungan yang besar. bagaimana tidak, satu buah kelapa pandan wangi bisa mencapai harga Rp. 15.000 – Rp.20.000. jika anda membelinya di supermarket maka harganya bisa lebih mahal lagi. Bibit kelapa pandan wangi juga masih memiliki harga yang tinggi. Sekitaran Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 karena masih jarang yang membibitkannya.

6.    Prospek Bisnis yang Bagus

Jika anda memiliki lahan seluas 1 hektar dan ditanam dengan kelapa pandan wangi. Dengan jarak tanam antar pohon 7 meter maka anda kana dapat menanam 200an pohon kelapa pandan wangi. Dengan estimasi 1 pohon dapat menghasilkan buah sebanyak 130 dalam satu tahun. Maka anda akan memiliki 26.000 buah kelapa. Jika dikalikan dengan harga satu buah kelapa sebesar Rp. 10.000 maka pendapatan anda dalam satu tahun adalah Rp. 260.000.000 untuk satu hektar. Bagaimana sangat menggiurkan bukan, apalagi jika satu butir bisa mencapai harga Rp. 15.000.

Demikianlah ulasan kami tentang berbagai macam keunggulan kelapa pandan wangi. Jika anda ingin mencoba untuk membudidayakan kelapa pandan wangi silahkan buktikan sendiri keunggulan-keunggulan tersebut.

sumber : https://www.bibitbuahku.com/bibit-kelapa-pandan-wangi.htm