Cara Menghilangkan Bau Pada Mobil Travel

Cara menghilangkan bau pada mobil travel sebenarnya susah-susah gampang. Terkadang pemilik sudah membersihkan mobil sebelum dan sesudah mengantar penumpang. Tapi jika kebetulan membawa penumpang yang kurang menjaga kebersihan, tentu akan jadi momok bagi pemilik. Tapi tenang, tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya, berikut tips menghilangkan bau tidak enak pada mobil travel Anda, dengan bahan yang gampang Anda temui di sekitar rumah Anda.

Membersihkan Kotoran di Kursi

Cara menghilangkan bau pada mobil yang pertama adalah membersihkan kotoran pada kursi. Di dalam perjalanan, pasti ada saja penumpang yang tidak sengaja menumpahkan makanan di kursi, nah sebaiknya setelah Anda selesai mengantar penumpang, langsung bersihkan jok mobil anda dengan alat-alat pembersih seperti kain microfiber, jika jok Anda berbahan dasar kulit. Namun jika jok mobil Anda berbahan kain, apabila terdapat kotoran kering seperti bulu  hewan atau debu, Anda bisa menggunakan lint roller atau alat penyedot debu –sangat disarankan-.

Menggunakan Keset karet pada Lantai Mobil

cara menghilangkan bau pada mobil

Sangat dianjurkan bagi pemilik mobil travel untuk memasang tambahan keset karet lantai mobil. Hal ini untuk mencegah kotoran yang ada pada sepatu penumpang menempel pada lantai mobil. Disamping itu menggunakan keset karet pada lantai mobil juga mudah untuk membersihkan kotoran, karena kotoran tidak menempel permanen pada keset karet. Namun jika waktu perjalanan cukup lama, kemungkinan bau tak sedap tetap menempel pada keset karet. Cara membersihkannya adalah dengan memakai cuka putih dan air. Gosok permukaan keset secara menyeluruh, lalu keringkan. Setelah kering semprotkan minyak esensial supaya wangi.

Membersihkan Ventilasi dan AC

Rutin membersihkan ventilasi pada mobil juga merupakan cara ampuh menghilangkan bau pada mobil. Ventilasi merupakan rongga keluar masuk udara dari luar mobil. Ventilasi akan cepat kotor, jadi harus sering dibersihkan. Cara mudah membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih ventilasi dan membeli arang aktif untuk menyedot bau tidak sedap. Letakkan arang aktif tersebut misal di kantong tengah (antar kursi) dalam mobil.

Jangan Tinggalkan Barang Apapun Dalam Mobil

Setelah Anda yakin menurunkan semua penumpang, sebaiknya periksa untuk terakhir kali. Apakah ada barang yang masih tertinggal, atau serpihan roti, kulit buah dan sebagainya. Sisa-sisa makanan tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap dalam mobil jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

Sumber:

Zavalokatravel