6 Tips Menghafal Kosakata dalam Bahasa Inggris

Belajar bahasa apapun itu tentu tidak akan lepas dari yang namanya kosakata. Tidak terkecuali belajar bahasa Inggris. Kosakata dinilai sangat perlu untuk dipelajari dan dihafalkan karena akan mempermudah komunikasi. Semakin banyak kosakata yang dipelajari oleh seseorang, tandanya semakin mahir pula orang tersebut dalam berbahasa.

Hanya saja, kendala yang sering dialami saat saat menghafal kosakata adalah mudahnya hafalan tersebut hilang dari ingatan. Nah, jika kendala tersebut juga jadi masalah kamu, berikut akan ada 6 tips menghafal kosakata dalam bahasa Inggris supaya tidak gampang lupa. Simak yuk selengkapnya.

Menggunakan Teknik Spaced-Repetition

Pengulangan adalah salah satu kunci terbaik untuk menyimpan informasi dalam otak kita untuk jangka waktu yang lama. Nah, teknik spaced-repetition ini menggunakan prinsip pengulangan dalam menghafal kosakata supaya kosakata tersebut tidak mudah dilupakan oleh ingatan kita. Namun, pengulangan dalam teknik ini bukan dilakukan tanpa strategi, justru ada interval waktu tersendiri.

Contoh penggunaan teknik ini adalah saat kamu menghafal kata ‘happy’ (bahagia(, kamu harus melakukan pengulangan dalam beberapa menit sekali, kemudian berganti menjadi satu jam sekali, sehari sekali, seminggu sekali, dan seterusnya. Intinya penggunaan teknik ini akan membantumu untuk merefresh hafalan kosakata tersebut di ingatan.

Mengaitkan dengan Gambar

Kebanyakan manusia saat mengingat suatu informasi, pasti akan menghubungkannya dengan gambar atau visual. Maka, ini bisa kamu manfaatkan juga saat menghafal kosakata. Misalnya, saat kamu ingin menghafal kata ‘car’, kamu bisa memvisualisasikan bentuk mobil saat kata tersebut kamu ucapkan. Dengan begitu, saat kamu mengulangi hafalan kata ‘car’, kamu akan teringat jika arti dari kata tersebut adalah mobil.

Tulis di Buku Tulis

Dijaman yang serba digital, sering kali kita jarang melibatkan buku dan pena saat akan menuliskan sesuatu. Biasanya, catatan atau segala hal yang penting ke dalam smartphone atau laptop. Hal tersebut tidak salah sebenarnya, tetapi dalam hal menghafal kosakata, sebaiknya kamu mulai menggunakan pena dan buku sebagai alat bantu kamu. Alasannya karena saat menuliskan kosa kata di buku, otak manusia akan lebih berfungsi dengan cepat.

Cobalah Mengingat dengan Potongan-Potongan

Tips berikutnya supaya kamu lebih mudah dalam menghafalkan kosakata bahasa Inggris adalah dengan mengingatnya ke dalam potongan-potongan. Maksud dari teknik ini, cobalah menggunakan kosakata dan menuliskannya menjadi satu kalimat sederhana. Misalnya, saat kamu ingin menghafal kata ‘kind’, kamu dapat menuliskan, ‘the kind person,’ sehingga nantinya kamu akan mengingat kata kind tersebut sebagai kata sifat yang mendeskripsikan seseorang.

Belajar dengan Lawan Kata atau Persamaan Kata

Belajar bahasa dengan mengingat lawan kata maupun persamaan katanya juga dinilai efektif. Contoh dalam tips ini adalah, saat kamu ingin mempelajari kata ‘happy’ (bahagia), maka kamu bisa mengingatnya dengan lawan kata dari happy yaitu ‘sad’ (sedih). Menghafal dengan teknik ini akan lebih mudah karena hal-hal yang berkebalikan atau punya kemiripan akan terikat satu sama lain dalam memori manusia. 

Buat Lingkungan Belajar yang Menyenangkan

Selain teknik-teknik yang sudah disebutkan di atas, ada lagi satu tips yang bisa kamu coba yaitu dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Contohnya, coba pasangkan sticky notes atau kertas, entah itu di depan kulkas atau di ruangan lain di rumahmu. Tulislah kosakata baru yang ingin kamu hafal beserta dengan artinya di kertas tersebut. Nah, saat kamu melewati tulisan tersebut, maka secara tidak langsung kamu akan melihat kata tersebut dan lama-lama pun akan jadi hafal.

Jadi, itulah 6 tips yang patut kamu coba dalam menghafalkan kosakata bahasa Inggris. Selain menghafalkan kosakata, jangan lupa juga untuk menguji hafalan kamu sesekali. Supaya kamu tahu sejauh mana kamu sudah menghafal kosakata dalam bahasa Inggris ya. Kamu juga bisa mengunjungi tambahpinter.com untuk mendapatkan tips belajar lainnya.