Contoh Riba dalam Kehidupan Sehari-hari 

Mengetahui riba penting bagi setiap umat muslim. Acuh terhadap hukum riba bukan tidak mungkin dapat menjerumuskan kita dalam kegiatan yang tidak diridhoi oleh Allah Subhanahu wataala. Oleh karena itu penting untuk mengetahui contoh riba dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa selalu mawas diri dan terhindar dari hukum riba. 

 

Contoh

Sebelum membahas tentang contoh riba dalam kehidupan sehari-hari, perlu untuk mengetahui apa pengertian riba terlebih dahulu. Riba adalah kegiatan penambahan jumlah atau pengambilan tambahan dari barang atau uang yang melebihi nilai atau jumlah awal (asli) barang tersebut. 

Kegiatan penambahan jumlah atau pengambilan tambahan ini akan menguntungkan salah satu pihak dari kedua belah pihak. Oleh karena itu hukum riba dalam Islam adalah haram dan wajib dihindari oleh semua umat muslim. 

Agar terhindar dari aktivitas ataupun kegiatan yang mengandung unsur riba, berikut ini contoh riba dalam kehidupan sehari-hari yang yang perlu Anda ketahui.

contoh riba dalam kehidupan sehari-hari

1.    Pegadaian

Kegiatan riba dalam kehidupan sehari-hari yang pertama yaitu terdapat pada Pegadaian. sistem yang digunakan oleh Pegadaian adalah meminjamkan sejumlah uang kepada klien dengan jaminan berupa BPKB, surat barang, surat tanah dan lain sebagainya. 

Klien akan dikenakan biaya tambahan atau biaya administrasi lainnya yang dibayarkan bersamaan saat pengembalian uang yang dipinjam. Pengenaan biaya tambahan nilai yang masuk dalam kegiatan riba. 

2.    KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah

Kegiatan riba dalam kehidupan sehari-hari yang kedua yaitu KPR. sistem KPR dianggap riba karena setiap bulannya klien diwajibkan untuk membayar cicilan pembelian rumah yang telah dikenakan suku bunga. Selain itu klien juga dikenakan biaya administrasi tambahan yang harus dibayarkan setiap membayar cicilan.

Untuk informasi kredit pemilikan rumah tanpa riba, Anda bisa mengunjungi website perumahan syariah murah.

3.    Melakukan Pinjaman ke Bank

Kegiatan riba yang terjadi di kehidupan sehari-hari yang berikutnya adalah melakukan pinjaman uang ke bank. Meminjam uang ke bank sebisa mungkin dihindari ketika terdesak masalah ekonomi. Akan jauh lebih baik meminjam uang kepada saudara atau keluarga daripada harus meminjam uang ke bank. 

Meminjam uang ke bank tergolong sebagai kegiatan riba karena pihak bank akan meminjamkan uang kepada pelayan dalam jangka waktu pengembalian tertentu. Apabila telah jatuh tempo maka klien diwajibkan untuk membayar cicilan atau hutang beserta dengan suku bunga yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. 

Pemberian suku bunga membuat klien harus membayar jumlah uang yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah uang yang dipinjam di awal. Hal ini lah yang membuat meminjam uang di bank hukumnya adalah riba karena melakukan penambahan jumlah dan pengambilan tambahan. 

4.    Kredit Kendaraan Bermotor

tidak jauh berbeda dengan sistem KPR kegiatan kredit kendaraan bermotor juga masuk dalam kategori riba. Ketika melakukan kredit kendaraan bermotor maka pihak yang melakukan kredit harus membayar uang cicilan kredit motor setiap bulannya yang telah ditambah dengan suku bunga. 

Apabila proses cicilan telah selesai jumlah total uang yang dibayarkan jauh melebihi jumlah harga motor yang dibeli secara kredit atau tidak kredit. Penambahan suku bunga dalam cicilan inilah yang membuat kredit kendaraan bermotor termasuk dalam kegiatan riba. 

5.    Transaksi Jual Beli

Contoh riba dalam kehidupan sehari-hari yang terakhir adalah transaksi jual beli. Sebagai contoh transaksi jual beli yang dianggap riba yaitu apabila si A menukarkan gelang emas seberat 10 gram dengan kalung seberat 5 gram.

Meskipun secara keindahan (estetika) kalung memiliki nilai estetik yang lebih tinggi dibandingkan dengan gelang emas, tetap saja kegiatan jual beli yang tidak sesuai dengan nilai tukar tergolong dalam kegiatan riba.

Demikian artikel tentang contoh riba dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfa'at.