5 Tips Membuat Jurnal Agar Terindeks oleh SCOPUS

Pada saat ini banyak mahasiswa yang ketika ingin membuat jurnal mengalami kesulitan, ditambah harus dipublikasikan dan juga terindeks SCOPUS. Ada beberapa tips agar jurnal kita terindeks dan menjadi standarisasi nasional maupun internasional.

Tips Membuat Jurnal Dengan Baik

Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 tips dalam membuat jurnal agar terindeks oleh SCOPUS :

1. Memulai dengan Mencari Topik yang Menarik dan Mudah

Jika kita ingin menulis sebuah jurnal dan terindeks oleh SCOPUS maka kita harus mencari topik sebagus mungkin, tidak selalu berkaitan dengan perkembangan teknologi terbaru tetapi kita harus senantiasa berinovasi di setiap tulisan kita.

Ditambah kita harus mencermati format jurnal kita, karena para pembaca harus bisa menerima kegunaan dari jurnal yang kita buat.

2. Melihat Standarisasi Penulisan Jurnal

Standarisasi penulisan memang sangatlah penting, karena ketika sebuah jurnal harus mengikuti standar dari tempat publikasi jurnal.

Editor atau reviewer akan meninjau apakah jurnal kita layak atau tidak untuk dipublikasikan. Selain itu mintalah kawan kita yang sudah berpengalaman untuk mengevaluasi jurnal yang kita buat apakah sudah masuk ke standar penulisan jurnal ilmiah

3. Koreksi Tulisan Secara Terus -menerus

Mengoreksi tulisan merupakan salah satu tips agar jurnal kita terindeks oleh Scopus, semakin sering kita mengoreksi tulisan jurnal kita maka semakin bagus juga tulisan yang kita buat.

Jika kita melakukannya terus -menerus pastinya tulisan jurnal kita akan menjadi rapi, baik dari segi isi atau format penelitian. Kita bisa mengoreksi tulisan kita sendiri atau meminta bantuan kawan kita untuk mengoreksinya.

4. Tingkatkan Kualitas Penulisan Jurnal

Dengan meningkatkan kualitas penulisan, kita bisa membuat jurnal terindeks oleh SCOPUS, kita harus memastikan bahwasanya inti dari penulisan harus terbungkus di abstrak tulisan kita.

Kualitas konten kita akan terlihat dari sejauh mana kita patuh dalam menulis format yang diinginkan, juga pergunakan teori-teori para ahli agar mendukung argumen dalam konten jurnal yang kita tulis. Tidak lupa kita menulis daftar pustaka dengan format daftar pustaka yang sesuai.

5. Hindari Plagiarisme

Plagiarisme adalah hal yang paling dilarang dalam menulis sebuah jurnal ilmiah, hindari menulis sebuah teori tanpa mencantumkan sumber referensinya. Usahakan jurnal kita adalah murni tulisan kita sendiri walaupun ada beberapa pendapat orang lain itu hanya untuk mendukung argumen kita saja.

Jangan lupa periksa tulisan jurnal kita menggunakan software plagiarisme, pastikan tulisan kita aman dari plagiarisme.

Nah, ternyata diperlukan usaha yang giat agar tulisan jurnal kita mumpuni dan layak di publikasi. Kita harus sesering mungkin mengoreksi tulisan jurnal kita agar bisa terindeks oleh SCOPUS.

Kalau kamu ingin mencari jurnal internasional di google scholar, DOAJ, atau yang lainnya. Ada baiknya kamu baca dulu artikel cara mencari jurnal internasional.

Mungkin 5 tips membuat jurnal agar terindeks oleh SCOPUS bisa dicoba agar mendapatkan hasil yang diharapkan dan berstandarisasi nasional maupun internasional. Selamat Berjuang!.