Cara Menulis Arab di Word Lengkap Beserta Harakatnya

Menggunakan cara menulis Arab di Word, maka kamu bisa mengetik dari kanan ke kiri menggunakan huruf-huruf hijaiyah. Di Windows sendiri sebenarnya tidak menyediakan secara default bahasa Arab sehingga Kamu perlu melakukan sedikit pengaturan. Maka dari itu, pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tutorial menuliskan huruf Arab di Microsoft Word lengkap beserta harokatnya.

Kamu bisa mengikuti cara menulis Arab di Word berikut ini untuk tipe Microsoft Word 2007 sampai 2016 di Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10. Langsung saja simak tutorialnya berikut:

1. Settings bahasa Arab di Windows

Caranya dengan menekan tombol Windows, scroll kebawah dan temukan menu pengaturan atau settings. Buka menu tersebut. Lanjutkan klik Time & language (Speech, region, date).  

Kemudian pilih Region & Language >> Add a Language>> pilih bahasa Arabic (Saudi Arabi). Langkah-langkah ini berguna untuk menambahkan bahasa Arab di Microsoft Word nantinya.

2. Jalankan Aplikasi On-Screen Keyboard

Karena tidak menggunakan keyboard yang menampilkan bahasa Arab atau huruf hijaiyah, maka Kamu perlu menjalankan aplikasi on screen keyboard agar dapat mengetik huruf Arab di Microsoft Word. Penggunaan aplikasi on screen keyboard ini juga memudahkan dalam penyesuaian antara huruf biasa dengan huruf hijaiyah.

Cara mengaktifkannya dengan menekan tombol Windows, lalu ketik on-screen keyboard pada kolom pencarian. Klik pada icon on screen keyboard yang sudah muncul tersebut untuk membukanya. Klik opsi bahasa untuk mengganti menjadi bahasa Arab. Dengan langkah ini nantinya huruf alfabet akan berubah menjadi huruf-huruf hijaiyah.

3. Mengetik huruf Arab di Word

Sekarang Kamu bisa mulai proses penulisan huruf Arab di Microsoft Word, seharusnya sudah bisa digunakan untuk menulis Arab sekaligus harakatnya.

Selain itu, ketahui juga beberapa tahapan berikut untuk memastikan sudah memasukkan huruf hijaiyah secara benar di Microsoft Word, ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Microsoft Word >> klik Blank Document
  2. Masuk ke menu Home >> Paragraph >> aktifkan fungsi Right-to-left Text Direction
  3. Sekarang coba ketik huruf Arab di Microsoft Word tersebut melalui on screen keyboard

Agar tulisan Arab terlihat rapi dan bagus maka Kamu bisa menambahkan harakat atau tanda baca. Cara menambahkan ya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu Insert >> Symbols
  2. Buka dropdown pada menu Symbols >> pilih More Symbols
  3. Di bagian pop up Symbol masuk tap Symbols

Di bagian font Kamu bisa menggunakan Normal Text dan di Subset pilih Arabic. Bagian terakhir, pilih simbol mana yang ingin dimasukkan dan tekan insert untuk memasukkannya. Jika sudah selesai memasukkannya, tekan close untuk keluar. Alternatif lainnya juga bisa memakai tombol shift untuk memasukkan harakat atau tanda baca.

Fyi, cara menulis Arab di Word selain menggunakan cara manual seperti yang sudah kami sampaikan diatas juga bisa langsung memakai add on quran in word. Namun jika Anda tidak mau meng-install program apapun, maka bisa mencoba tutorial diatas.

Opsi lainnya, bisa juga dengan menyalin tulisan Arab yang sudah ada di website dan pastekan ke lembar kerja Microsoft Word. Cara ini paling praktis dan lebih banyak digunakan oleh orang-orang karena tidak perlu menuliskan huruf Arab secara manual yang berpotensi salah tulis.

Nah, demikianlah tutorial cara menulis Arab di Word untuk pengguna Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10. Selamat mencoba semoga berhasil.