Ciri-ciri dan Cara Merawat Indukan Kelinci Giant

Ada berbagai indukan kelinci yang paling diminati di Indonesia, salah satunya adalah kelinci Giant. Jenis kelinci yang satu ini memang memiliki perawakan yang sangat manis, serta dipatok dengan harga tinggi. Banyak orang yang ingin mengadopsi indukan kelinci flemish giant agar nantinya mereka bisa membiakkan keturunannya.

Kelinci Giant (raksasa) terkenal dengan bobotnya yang cukup berat. Spesies mereka adalah salah satunya yang cukup besar ukurannya, bahkan ada yang mencapai 20 kilogram untuk satu ekornya. Inilah mengapa indukan kelinci Giant banyak diburu untuk kepentingan ternak yang nantinya digunakan sebagai bahan konsumsi.

Tips Merawat Kelinci Giant Dengan Mudah

Kelinci Giant memiliki ukuran yang cenderung besar dan jumbo, tak heran jika dagingnya sangat diminati sebagai bahan konsumsi. Untuk memelihara indukan kelinci Giant pun Anda harus melalui proses yang tak terlalu rumit. Anda hanya harus menjaga kesehatan mereka secara rutin agar nantinya menghasilkan keturunan berkualitas pula.

Karena nilai kelinci Giant per ekor cukup tinggi, banyak orang yang akhirnya tertarik untuk memelihara jenis kelinci ini di rumah masing-masing. Nah, untuk melakukan perawatan terhadap induk kelinci Giant, ada berbagai hal yang perlu Anda cermati seperti berikut:

  • Kondisi kandang

Kelinci Giant memiliki tempat hidup tertentu, dan biasanya jenis kelinci ini hanya bisa hidup di daerah yang memiliki ketinggian minimal 250 meter di atas permukaan laut. Kelinci ini pada dasarnya bisa hidup di dalam kandang yang cukup sederhana, bahkan yang terbuat dari kayu sekalipun. Asalkan ventilasi untuk sirkulasi udara di dalamnya cukup baik.

Kelinci ini juga membutuhkan kandang yang senantiasa bersih dari kotoran maupun cairan. Sehingga pemiliknya harus melakukan pengecekan secara rutin agar kelinci yang dipelihara tidak mudah sakit. Hendaknya kandang dibersihkan secara berkala, termasuk bagian tempat makan dan minum agar nantinya asupan makanan kelinci tidak terkontaminasi.

  • Pemberian pakan

Kelinci Giant bisa memakan berbagai jenis sayuran tanpa getah, namun jika Anda menghendaki pertumbuhan yang lebih maksimal, alangkah baiknya asupannya dipantau. Kelinci jenis ini biasanya diberi pelet khusus untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan fisiknya. Anda bisa mendapatkan pelet tersebut di toko khusus pakan kelinci.

Dengan teknik perawatan yang baik, kelinci Giant bisa dibiakkan dengan mudah nantinya. Anda yang ingin berternak kelinci dengan jenis ini, jangan lupa mempraktekkan berbagai saran dari kami ya. Semoga bermanfaat!