Tips Membuat Password

Pernahkah kamu mendengar ada akun facebook yang dibobol atau diambil alih orang lain? Meskipun jarang terjadi tetapi problem itu selalu ada dan bisa mengintai siapapun. Salah satu penyebabnya karena terlalu lemah password atau kata kunci yang digunakan.

Nah.. kali ini saya akan sharing tips membuat password yang selama ini saya terapkan. Biar akunmu aman, pahami dan terapkan tips di bawah ini.

Jangan gunakan tanggal lahir

Problem yang paling umum ini.. hampir semua orang ketika disuruh membuat password untuk daftar akun, yang terfikirkan pertama kali pasti nama dan tanggal lahir. Jangan membuat password dari tanggal lahir meskipun kamu bolak balik.

Misal tanggal lahir 25 Oktober 1998, dibuat jadi 19981025 atau 10251998

Password tanggal lahir itu mudah ditebak orang terdekat sob.. Jadi sebisa mungkin hindari ya.. Kalau sudah terlanjur sebaiknya diubah saja.

pass

baca juga : cara mengganti username shopee

Gunakan kombinasi huruf angka dan simbol

Agar password menjadi super kuat, buat password dari 3 unsur yaitu huruf, angka dan simbol.

Contohnya seperti ini “F@isal20”

komponennya :

  • Ada huruf Besar dan kecil
  • Huruf a diganti dengan simbol @
  • Ada angkanya
  • Minimal 8 karakter

Biar kamu gak gampang lupa, buat filosofinya.. misalnya pada contoh di atas. Kata Faisal adalah nama panggilan kamu, dan 20 adalah tahun kelahiran kamu.

Simpan password di Excel

Jika kamu punya banyak akun misal puluhan atau ratusan akun mungkin, simpan data-data password itu ke dalam dokumen microsoft excel.

Saya sendiri menggunakan microsoft excel untuk menyimpan data-data penting termasuk kata sandi dan username.

Nah.. biar aman dokumen microsoft excelnya, beri proteksi dengan memberinya password juga. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa dokumen excel itu bisa diberi password, gak perlu aplikasi tambahan, karena fitur password ini sudah bawaan excel.

Gunakan aplikasi pengelola password

Simpan password secara manual dapat dilakukan di microsoft excel. Dan untuk yang lebih praktisnya, kamu bisa menggunakan aplikasi pengelola password.

Saya juga pernah menyimpan password dengan bantuan aplikasi, tapi saya merasa lebih nyaman simpan di excel. Kalau kamu mau coba simpan di aplikasi, berikut beberapa rekomendasinya : LastPass, 1Password dan Password Manager Google Chrome

Demikian tips membuat password versi saya, semoga bermanfaat ya..