Alat Rewinding Dinamo

Jika kalian ingin menggulung dinamo kalian harus mempunyai alat gulung, alat ini sering digunakan oleh tukang dinamo. Biasanya para tukang dinamo membuat sendiri alat dinamo untuk menggulung dinamo dari pompa air, mesin cuci dan lain – lain. Ada juga yang menggunakan mesin gulung untuk menghitung putarannya.

Nahh di sini kita akan menjelaskan cara membuat alat gulung dinamo dan cara menggulungnya, seperti berikut ini:

CARA MEMBUAT ALAT GULUNG DINAMO

Jual jasa gulung dinamo - Jakarta Utara - jasa gulung dinamo | Tokopedia

Kita akan membuat alat gulung dinamo sederhana yang terbuat dari kayu dan bahan – bahannya ada kayu, wing nut atau mur yang ada sayapnya, baut dan roll plastik. Buat yang ingin lebih mudah lagi kalian bisa menggunakan mesin gulung buatan cina.

Mesin gulung ini menggunakan pedometer yang untuk menghitung putarannya dan untuk dudukannya sendiri bisa membuat sendiri atau beli karena terjual terpisah. Mesin guling ini cocok untuk menggulung dinamo yang kecil dan banyak putaran lilitannya, kenapa?? Karena memiliki speed rate 1 : 8 atau sekali putaran menghasilkan 8 kali putaran.

Tidak hanya dinamo kecil tetapi juga bisa menggunakan dinamo besar seperti, dinamo pompa air, mesin cuci dan lain – lain. Alat ini sangat menguntungkan karena mempercepat pekerjaan dan efisien tidak perlu menguras tenaga banyak, berbeda dengan alat gulung dinamo sederhana. Dan untuk menghitung putarannya lebih mudah dan praktis.

CARA MENGGULUNG DINAMO

Di sini kita akan memberikan contoh cara menggulung dinamo yang kita ambil dari dinamo motor, seperti berikut ini:

1. Cara Mengetahui Perbedaan Phase Motor

Motor memiliki 2 kumparan dengan resistansi yang lebih besar yang menghasilkan medan magnet yang berdenyut dan resistensi yang besar yang memberikan motor rotasi arah. Di dalam motor harus ada kapasitor yang memiliki nilai yang berbeda di setiap mesin listrik yang berbeda. 

Motor memiliki dua kapasitor yang satu kapasitor RUN ya itu kapasitor yang lebih rendah dan sati lagi kapasitor START kapasitor yang bernilai tinggi dan memiliki saklar sentrifugal.

2. Alat yang Dibutuhkan

Untuk membongkar motor dan menggulung dinamo sangat diperlukan alat – alat profesional karena sangat memakan waktu yang banyak, alat – alat itu adalah: Obeng, palu, kunci pas, katrol, pahat, butana bor atau pemanas. kawat, isolasi, stator lacing thread, pelumas, pernis dan lain – lain.

3. Membongkar Motor

Sebelum menggulung dinamo motor kita harus membongkar motor terlebih dahulu. Langkah pertama melepas penutup pelindung kipas. Untuk melepasnya panaskan terlebih dahulu kipas motor secara perlahan dan lepaskan, kalian bisa menggunakan dua obeng besar untuk membantu pelepasannya. Lakukan secara hati – hati agar tidak rusak. Setelah di lepas satukan semua bagian motor yang di lepas di satu wadah agar tidak berceceran. 

Setelah di lepas, lepaskan juga penjepit dari sumbunya. Laku buka sekrup dan lepas penutup motor. Buka sekrup lagi yang menahan penutup. Lepaskan penutup dari housing utama.

Buka sekrup lagi yang menahan penutup atas. Lepaskan penutup dan segelnya, lalu lepaskan kabel dan klip listrik. Lepaskan juga kapasitor.

4. Diagram Gulungan

Diagram gulungan adalah alat yang dapat membantu kalian menggulung dinamo motor kalian. Setelah itu panaskan gulungan sehingga dapat membakar pernis, tetapi kalian harus hati – hati jangan sampai merusak kabel tembaga.

5. Memotong Gulungan

Untuk memotongnya kalian bisa menggunakan palu dan pahat. Potong lilitan, panaskan gulungan dan tarik keluar menggunakan linggis. Bersihkan celah menggunakan obeng.

6. Melepas Pulley, Cover Depas dan Bearing

7. Memasang Kertas Isolasi Stator

8. Menggulung Lilitan

Nah itu dia penjelasan tentang alat dinamo dan langkah-langkah menggulungnya . Buat kalian yang sedang mencari jasa menggulung dinamo motor bisa menghubungi jasa rewinding dinamo di medan.

terimakasih… stay safe yaa