Waspadai! Gejala Kanker Lidah Awal Mirip Sariawan

Lidah termasuk dari bagian dari rongga mulut. Sehingga tidak heran ada sebutan kanker rongga mulut, di mana kanker rongga mulut ini dapat menyerang lidah, langit-langit, gusi, pipi, dasar mulut, dan ruang yang terdapat di belakang gigi.

Salah satunya yang perlu dibahas dengan jelas adalah kanker yang menyerang lidah. Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang jarang diketahui oleh banyak orang. Sampai saat ini, kasus kanker lidah masih jarang terjadi jika dibandingkan dengan jenis kanker yang lain. Namun sebaiknya, jangan menyepelekan gejala kanker lidah yang memang jarang terdeteksi.

Kanker lidah ini memiliki gejala awal seperti sariawan namun lebih berbahaya. Lidah yang sakit karena terkena sariawan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari. Namun, Anda perlu mewaspadai jika sariawan sudah terjadi lebih dari 3 minggu.

Bisa saja itu salah satu gejala kanker lidah. Yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan kepada dokter untuk mengetahui kejelasannya. Jika memang itu benar-benar gejala kanker lidah, maka Anda dapat menanganinya dengan segera mungkin.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait sariawan yang terjadi pada kanker lidah, simaklah ulasannya dibawah ini.

Gejala Kanker Lidah Mirip Sariawan.

Gejala awal kanker lidah memang hampir mirip dengan sariawan seperti biasanya. Terdapat luka yang berada di dalam lidah, namun luka ini bukan muncul karena disebabkan oleh sariawan. Melainkan, muncul karena sebab yang nantinya dapat membahayakan kondisi tubuh.

Perbedaan dari sariawan biasa dengan sariawan yang diwaspadai sebagai gejala kanker lidah adalah jika itu sariawan biasa, maka area yang berada di sekitar luka atau sariawan akan terasa lunak. Lukanya lun berpindah-pindah.

sariawan, gejala kanker lidah

Berbeda dengan sariawan yang dicurigai sebagai gejala kanker lidah, tempat luka dari sariawan ini selalu berada di tempat yang sama. Lukanya pun tidak kunjung sembuh, biasanya lebih dari 2 sampai 3 minggu. Semakin lama, luka ini pun semakin membesar yang disertai dengan benjolan di lidah yang semakin mengeras.

Selain sariawan, gejala kanker lidah lainnya adalah munculnya bercak berwarna merah atau putih pada bagian lidah. Hal ini memang seperti gejala sariawan pada umumnya. Jadi sangat sulit untuk dideteksi apakah ini sariawan biasa atau gejala kanker lidah.

Ha-hal ini harus mendapat penanganan yang cepat. Karena, jika tidak segera ditangani, luka yang ada dalam lidah yang tampak seperti sariawan biasa dapat mengancam kesehatan bahkan jiwa Anda.

Jangan hanya karena tampak seperti sariawan biasa, Anda membiarkan dan mengabaikannya. Tetap berhati-hati dan waspadalah terhadap gejala yang jarang terlihat.

 

Demikianlah ulasan terkait gejala kanker lidah yang serupa dengan sariawan. Anda harus mengetahui perbedaan gejalanya agar dapat membedakan kedua hal ini. Jika hal seperti di atas terjadi pada Anda, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui kejelasannya.

Sumber: https://www.deherba.com/artikel-kanker/kanker-lidah