Perkiraan Biaya Renovasi Rumah Subsidi 30/60 Minimalis dan Modern

Rumah yang bersubsidi bisa Anda renovasi setelah masa lima tahun kredit berakhir. Hal ini dikarenakan aturan adanya larangan merenovasi rumah dibawah masa tersebut dengan aturan tambahan mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh direnovasi. Jenis rumah yang sering direnovasi adalah ukuran 30/60, berikut adalah perkiraan biaya renovasi rumah subsidi 30/60.

 

Perkiraan Biaya Renovasi Rumah Subsidi 30/60 yang Terjangkau

  • Tenaga Kerja

Tenaga kerja adalah hal utama yang perlu Anda pertimbangkan ketika hendak melakukan renovasi pada rumah subsidi. Untuk biaya tukang borongan harian, biaya yang perlu Anda keluarkan sekitar 150 ribu rupiah, hanya untuk jasa saja, bukan sekaligus biaya material. Anda bisa mencari jasa borongan yang menawarkan harga lebih terjangkau, jika diperlukan.

 

  • Biaya Borongan Material

Jika ingin lebih terjangkau, Anda bisa menggunakan jasa borongan sekaligus material. Untuk biaya renovasi rumah subsidi 30/60 sekitar 1 juta sampai 1,5 juta untuk tiap meternya. Jika menggunakan cara ini, Anda membayar jasa mereka berdasarkan luas rumah yang dimiliki, bukan waktu pengerjaan.

renovasi rumah subsidi

  • Biaya Material

Untuk material, Anda bisa menggunakan grade terbawah hingga premium. Untuk grade paling rendah, perkiraan biaya renovasi rumah subsidi 30/60 sekitar 2,5 juta rupiah. Berbeda untuk grade premium, Anda bisa menggunakan bahan berkualitas tinggi dengan harga material sekitar 4 juta rupiah untuk tiap meternya.

 

  • Biaya Tanah dan Bangunan

Selanjutnya adalah biaya tanah dan bangunan, yang diperkirakan sekitar 25 juta rupiah. Perkiraan harga renovasi rumah subsidi type 30 tersebut mungkin akan berbeda tergantung dengan wilayah tempat Anda tinggal, sesuai dengan besaran upah minimum yang harus dibayarkan. Anda bisa menanyakannya dengan lebih lengkap pada kontraktor yang Anda sewa.

 

Terdapat biaya tambahan yang juga perlu Anda keluarkan untuk merenovasi rumah ini. Perkiraan biaya renovasi rumah subsidi 30/60 tergantung dengan desain yang Anda gunakan, bahan material yang dipilih serta tambahan keperluan lain. Ingat untuk tidak  merenovasi rumah secara ekstrim untuk menghindari larangan yang telah ditetapkan mengenai renovasi rumah subsidi.

Info lengkap : https://www.baleagung.com/pengalaman-renovasi-rumah-subsidi-ini-biaya-dan-contohnya/