Pengertian Sugesti, Jenis & Contohnya

Pernahkah kalian mendengar istilah sugesti?? Mudahnya begini, kita adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan sesama, dan pada saat kita berinteraksi sosial pasti akan mendapatkan imbasan salah satunya adalah sugesti.

Nah apa saja sih jenis dan contoh – contoh dari sugesti. Langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Sugesti, Jenis & Contohnya

Berikut pengertian dari sugesti.

Pengertian Sugesti

Sugesti adalah suatu proses interaksi sosial yang digunakan oleh seseorang untuk memperoleh, menerima suatu perkataan atau sikap  dari orang lain secara langsung tanpa adanya saran atau kritik terlebih dahulu. Pada umumnya seseorang yang terkena pengaruh akan selalu mengikuti dan tidak berpikir panjang terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sugesti adalah suatu pengaruh yang diberikan seseorang untuk merubah pola pikir seseorang.

Menurut Cambridge, sugesti adalah suatu bentuk tindakan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain untuk di pertimbangkan.

Jenis – Jenis Sugesti

Jenis sugesti juga terdiri dari dua jika dilihat secara garis besarnya, berikut penjelasannya:

1. Auto Sugesti

Auto sugesti adalah suatu pengaruh yang datangnya dari dalam diri sendiri. Nah jadi jenis auto sugesti ini biasanya datang dalam diri sendiri tujuannya ya untuk memotivasi diri sendiri.

Contohnya yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, misal si A lebih memiliki IQ yang lebih rendah sedikit dibanding si B, namun si A sering mensugesti dirinya sendiri dan memotivasi dirinya agar bisa masuk di perguruan tinggi yang ia inginkan, akhirnya si A keterima, sedangkan si B tidak diterima. Padahal jika dilihat IQ nya lebih tinggi si B sedikit.

2. Hetero Sugesti

Hetero sugesti adalah pengaruh yang diterima dari orang lain atau orang – orang terdekat. Biasanya hetero sugesti ini diberikan oleh orang yang memiliki kedudukan atau sesuatu yang lebih tinggi atau memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam lingkungan.

Contohnya dilakukan oleh seorang motivator, ustadz, orang yang sudah memiliki pengalaman, dan lain sebagainya.

  Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/

Adapun hetero sugesti sendiri dikelompokkan menjadi tiga jenis diantaranya adalah

  • Sugesti Prestise
  • Sugesti Negatif
  • Sugesti Kerumunan.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Sugesti, Jenis & Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂