Cara Membuat Hidroponik Menggunakan Barang Bekes

Para pembaca yang budiman, pada halaman ini kami akan memberikan satu materi tentang menanam sayuran hidroponik. Dan pada kesempatan ini juga kami sampaikan cara tanaman sayuran hidroponik yang sangat sederhana tapi menarik dan berhasil dengan menggunakan barang-barang bekas. Ikuti cara-caranya dalam penjelasan kami di bawah ini.

Hidroponik adalah tanaman yang tidak menggunakan media tanah. Dan ini biasanya paling disukai ibu-ibu. Selaian dari indah dipandang sebagai hiasan di rumah, juga banyak sekali manfaatnya.

Barang yang diperlukan

Barang-barang sampah, seperti botol plastik bekas, botol aqua, dan badah-badahan plastik lainnya, itu bisa digunakan buat tempat menanam tanaman hidroponik. Sebab hidroponik pada umumnya dikerjakan oleh ibu rumah tangga.

Oleh karena itu penggunaan pupuknya juga mudah tingga beli di toko-toko pertanian yang sudah pasti menyediakannya. Pupuk tersebut yang digunakan seperti; Urea, NPK, TSP dan yang lainnya yang memiliki unsur yang sama.

Cara Merakit Hidroponik

Cara merakit hidroponik sederhana ini tidaklah sulit. Langkah langkahnya sebagai berikut. Pertama siapkan terlebih dahulu badah, semisal papan atau kotak yang dilapisi plastic atau ember bekas cat.

  1. Kemudian di bagian sudutnya dibikinin bolongan buat tempat mengalirnya larutan pupuk yang diberikan. Lebih mudahnya lubangi saja di bagian bawa untuk masukan selang. Tujuannya supaya airnya bisa mengalir lancar, wadahnya diletakkan miring ke arah lubang. Dan Sebaiknya badah tersebut diletakkan di tempat yang sejuk dan teduh.
     
  2. Kemudian masukkan media tanam, seperti pasir yang sudah dicuci bersih, sekitar 2 cm dari bibir badah yang disiapkan tadi. Selanjutnya pasirnya diratakan dan terus disiram air supaya kita mengetahui lancarnya aliran air.
     
  3. Jika media sudah siap, maka biji sayuran siap ditebar merata. Jika telah tumbuh rapat itu harus dikeringkan.
     
  4. Kemudian tanaman sudah berkecambah maka celah-celahnya dirapikan tata letaknya, pupuk lengkap bisa dipupukkan. Pupuk tersebut berupa campuran Urea, NPK, TSP dan yang lainnya secukupnya dikira-kira saja. Dan pupuk itu dilarutkan terlebih dahulu supaya cairannya mengalir.

Demikian materi yang dapat kami sajikan. Selamat mencoba.

Kunjungi : https://www.tanam.co.id/