Cara Membuat Google Form Lewat HP Android

Google form adalah layanan pengumpulan data digital yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan data dengan mudah, cepat dan gratis. semua hal tersebut bisa dilakukan secara online, baik di perangkat desktop maupun lewat HP android.

Dengan dukungan google form anda bisa membuat formulir untuk kebutuhan survey, kuisioner online, form kontak, ujian online, formulir pemesanan hingga formulir pendaftaran sekolah secara online.

Google form pada umumnya digunakan oleh instansi pendidikan, pemerintahan, perusahaan, hingga kebutuhan pribadi dan organisasi lainnya.

Selain mudah digunakan, dokumen google form juga aman dari virus yang berbahaya, karena layanan ini sudah terintegrasi langsung dengan google drive yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat google form dengan mudah menggunakan HP android. Jadi tutorial ini cocok bagi anda yang tidak mempunyai laptop atau PC.

Cara buat google form pakai HP android

Langkah – langkah

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk membuat google form, bisa melalui google drive atau langsung di dokumen google form. untuk kemudahan, saya akan menggunakan cara langsung dan akan saya praktekkan untuk membuat formulir survey.

  1. Buka alamat forms.google.com melalui aplikasi browser seperti chrome atau browser bawaan smartphone
  2. Setelah itu sesuaikan bagian google form, mulai dari membuat judul, pertanyaan dan mengisi deskripsi.
  3. Misalnya anda ingin membuat soal pilihan ganda, tinggal isi opsi (1) dan seterusnya untuk membuat pilihan jawaban ganda.
  4. Jangan lupa untuk mengaktifkan wajib diisi pada bagian bawah kanan formulir, jika memang wajib.
  5. Klik ikon "garis 2" di pojok kanan bawah untuk menambah bagian (jumlah soal)
  6. Klik ikon "titik 3" di pojok kanan atas, lalu klik ikon "mata" untuk melihat pratinjau google form yang kamu buat.
  7. Selesai

Sejauh ini google form memang sudah jadi, namun anda bisa mengatur tampilan google form agar terlihat lebih bagus dan profesional. Mulai dari ganti warna, model font hingga memberikan gambar atau logo pada bagian atas formulir.

Google form yang anda buat tadi, secara otomatis akan tersimpan di akun google drive, secara default berada di folder "drive saya". jadi pastikan sebelum membuat formulir anda sudah log in ke akun gmail milik anda.

Untuk melakukan itu, sangat mudah, silahkan di utak atik sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Cukup sekian dulu informasi yang bisa saya sampaikan seputar cara membuat google form lewat Hp saja dengan mudah dan cepat.