5 Tips Sukses Jualan di Marketplace untuk Kalahkan Kompetitor

Pada masa-masa awal kemunculannya, berjualan di marketplace sangat menguntungkan karena bisa mendapatkan pembeli dari jangkauan daerah yang lebih luas daripada menjual secara offline. Namun, semakin banyak yang masuk ke marketplace, persaingan pasar menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, diperlukan tips dan cara agar bisa tetap sukses jualan di marketplace di tengah persaingan yang cukup ketat.

Tips-tips ini bisa Anda coba terapkan jika Anda sudah merasa banyak sekali kompetitor yang menjual produk serupa dengan Anda.

1. Membuat minimal dua lapak

Beberapa marketplace di Indonesia seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia memiliki traffic yang sangat besar. Bahkan, dalam satu hari marketplace tersebut bisa dikunjungi hingga satu juta orang. Yang menjadi masalah adalah bukan hanya pengunjung yang banyak, penjual pun semakin lama semakin banyak. Oleh sebab itu, membuat minimal dua lapak adalah salah satu cara agar Anda bisa sedikit memiliki amunisi untuk bersaing dengan banyak penjual.

2. Gunakan alat scraper

Untuk membantu mempermudah dan mempercepat proses nya, anda bisa memanfaatkan tools scraper marketplace. Gunanya adalah anda disini bisa menduplikasi banyak toko sehingga nanti anda akan cepat tidak perlu manual satu satu lagi. Tools scraper tokopedia, bukalapak, shopee ada sangat banyak di jual. Silahkan coba pilih salah satu. Cocok untuk anda yang jualan banyak barang.

3. Membuat judul produk yang tepat

Judul produk yang baik adalah judul mengandung keyword yang sering digunakan orang untuk mencari produk. Sebagai contoh, Anda menjual baju muslim wanita. Akan lebih baik jika Anda membuat judul dengan keyword yang berkaitan dengan produk tersebut, seperti “Baju Muslim Wanita Baju Wanita Modis Terbaru”.

Cara untuk membuat judul yang baik adalah cari semua kemungkinan keyword yang akan dituliskan oleh calon konsumen Anda ketika mencari produk Anda. Pada contoh di atas, keyword yang mungkin diketik adalah “baju muslim wanita” dan “baju wanita”. Jadi, ketika pengunjung mengetikkan dua keyword tersebut, produk Anda akan muncul.

Selanjutnya, berikan keterangan atau kata-kata yang mampu menarik perhatian. Beberapa contoh kata yang mampu menarik perhatian adalah “Bonus”, “Modis”, “Terbaru”, “Berkualitas”, dan “Garansi”. Anda bisa memikirkan kata-kata lain yang menunjukkan kualitas baik.

4. Menggunakan marketplace yang tepat

Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia memang sama-sama merupakan marketplace. Namun, ketiganya memiliki karakter masing-masing. Misalnya, di Shopee barang-barang yang ditawarkan bisa berasal dari kawasan Asia Tenggara seperti Tiongkok. Jadi, ketika Anda berjualan produk di Shopee, Anda akan memiliki saingan dari negara lain dan bisa jadi mereka akan memasang harga lebih murah. Hal itulah yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda.

5. Mengumpulkan rating

Untuk masa-masa awal, mencari rating adalah hal yang cukup sulit. Pengunjung akan lebih memilih toko dengan rating yang bagus daripada di toko yang tidak memiliki rating. Oleh karena itu, langkah yang paling tepat untuk dilakukan di awal-awal berjualan di marketplace adalah mengumpulkan rating.

Ada banyak cara untuk mendapatkan rating. Pertama, Anda bisa berjualan lewat platform lain seperti facebook atau instagram dan mengarahkannya ke akun marketplace Anda. Kedua, Anda juga bisa menggunakan jasa pemberi rating. Cara kedua ini memang kurang direkomendasikan karena cenderung bersifat palsu. Namun, untuk Anda yang menginginkan rating dalam waktu singkat cara tersebut bisa Anda coba.

6. Fast respon

Biasanya ketika mencari sebuah produk, calon pembeli akan memilih beberapa toko dengan produk yang sama dan menanyakan ketersediaan produk tersebut. Yang paling cepat merespons adalah yang memiliki kemungkinan besar mendapatkan penjualan. Oleh sebab itu, usahakan Anda selalu fast respons terhadap chat dari calon pembeli. Jika tidak, mereka akan segera berpindah ke toko lain yang lebih cepat memberikan tanggapan.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda sudah memiliki modal dasar untuk bersaing di marketplace dengan ratusan kompetitor lainnya. Selain itu, kegigihan, ketekunan, dan kedisiplinan juga harus Anda sematkan pada diri Anda agar bisa berkembang dan bertahan lama.