Contoh Perencanaan Bisnis Menggunakan 5W1H

Perencanaan bisnis adalah kegiatan menentukan apa yang akan dilakukan nantinya untuk membangun bisnis yang didalamnya ada rincian mengenai apa yang hendak dicapai dalam bisnis dan bagaimana mencapainya.

Di dalam perencanaan bisnis nantinya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan ditentukan dalam bisnis diantaranya adalah mengenai perencanaan keuangan, belanja modal dan lain sebagainya. Setelah itu anda harus menentukan bagaimana itu semua dapat berjalan dengan baik sesuai rencana.

Dalam merencanakan sebuah bisnis, anda harus terlebih dahulu mempersiapkan data dan fakta yang diperlukan dalam rencana anda. Data dan fakta dapat ditentukan oleh 5W1H. Arti 5W 1H sendiri adalah What, Where, Who, Why, When, dan How atau dalam bahasa Indonesia kita menyingkatnya dengan ADIKSIMBA.

 

Manfaat perencanaan bisnis

Ada beberapa manfaat dari melakukan perencanaan bisnis diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mudah mendapatkan modal

Bisnis yang memiliki perencanaan yang baik akan lebih mudah untuk mendapatkan modal usaha. Akan ada banyak investor yang ingin menginvestasikan uangnya agar berkembang dan usaha anda dapat berjalan dengan baik.

2. Mengelola resiko

Resiko mustahil 100% dihindari namun dapat dikelola sehingga potensi terjadinya lebih kecil. Jika seandainya anda memiliki usaha dan nantinya ada resiko, anda telah menyadarinya dari resiko itu di awal.

3. Memantau tujuan anda

Dengan memiliki perencanaan bisnis, maka anda akan dapat memonitor sejauh mana perkembangan bisnis anda dan terus mentracking bisnis anda nantinya. Sejauh mana bisnis anda berjalan dapat dilihat dari tujuan bisnis anda yang telah anda siapkan diawal pembuatan perencanaan bisnis.

Elemen dalam perencanaan bisnis

Dalam membuat perencanaan bisnis, anda sebaiknya menyertakan hal ini:

Ringkasan eksklusif, disini akan diisi beberapa hal seperti visi, misi, tujuan , struktur perusahaan, sejarah lokasi dan lainnya yang intinya memberikan gambaran awal mengenai usaha yang hendak anda jalankan.

Produk dan atau jasa, disini akan diuraikan produk atau jasa yang hendak anda tawarkan kepada target pasar. Jelaskanlah secara detail segala yang terkait dengan produk anda yang perlu diketahui oleh orang lain atau investor.

Analisa pasar, dalam analisa pasar anda mencari tahu apa saja yang ikut terjun dalam bisnis yang anda jalankan juga. Apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan anda dan pesaing, peluang dan ancaman yang bisa terjadi.

Strategi pemasaran, disini anda mengisi bagaimana anda menarik perhatian calon konsumen, menarik perhatian orang yang tertarik dengan bisnis anda dan bagaimana anda mendistribusikannya.

Anggaran, ini adalah bagian paling penting. Nadi kehidupan bisnis anda ada pada arus kas atau kita bisa sebut dengan anggaran. Anggarkanlah dengan bijaksana agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Contoh Perencanaan Bisnis Menggunakan 5W1H

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yang paling bagus adalah dengan membuat perencanaan didasarkan pada 5W1H. Berikut contohnya:

  1. Bisnis apa yang hendak saya buat? (What)
  2. Siapa target pasarnya? (Who)
  3. Dimana saya akan membuka usaha? (Where)
  4. Kapan saya memulai usahanya? (When)
  5. Mengapa saya membuka bisnis ini, bukan bisnis yang lain? (Why)
  6. Bagaimana saya membuka bisnis ini? (How)

Seperti yang anda lihat di atas, dengan menggunakan 5W1H saja anda sebetulnya telah memiliki perencanaan bisnis yang lumayan detail yang siap dieksekusi menjadi hasil nyata. Anda tinggal mengeksekusinya dan anda sudah dapat memiliki bisnis yang anda inginkan.