Serba-Serbi Parenting School yang Wajib Anda Ketahui

Parenting school merupakan suatu rangkaian program yang membawa dampak positif bagi pola pengasuhan yang diterapkan orang tua. Jika awalnya orang tua enggan mengikutinya karena anggapan bahwa pengalamannya saja sudah cukup, maka tidak demikian untuk saat ini. Pasalnya banyak sekali manfaat ketika mengikuti program tersebut. Informasi lengkapnya silahkan simak pada penjelasan poin-poin berikut.

4 Keuntungan Mengikuti Parenting School Bagi Orang Tua

Tak hanya belajar dari pengalaman saja, Anda sebagai orang tua pun harus mengasah keterampilan pengasuhan dengan mengikuti sekolah parenting. Adapun keuntungan yang didapat orang tua ketika mengikuti kegiatan parenting school tersebut dapat dijabarkan pada poin-poin berikut ini.

1. Mendapat Ilmu Penanganan Masalah Dasar Pengasuhan

Keuntungan pertama yang didapat adalah mendapatkan ilmu penanganan masalah pengasuhan secara efektif. Adapun masalah ini biasanya meliputi cara merawat bayi, mengelola emosional anak dan lain sebagainya.

2. Sharing Pengalaman Pengasuhan dengan Anggota Lain

Adakalanya jika Anda ragu untuk menggunakan salah satu jenis parenting. Berbagi pengalaman dengan anggota lain pun bisa membantu Anda untuk menilai efektivitas suatu jenis pengasuhan.

3. Mampu Menetapkan Tipe Pengasuhan Terbaik

Masih berhubungan dengan poin nomor dua, Anda pun bisa melanjutkannya dengan sesi konsultasi bersama tentor. Hal ini akan terasa manfaatnya saat Anda akan menetapkan tipe pengasuhan yang terbaik.

4. Membentuk Orang Tua yang Penuh dengan Rasa Percaya Diri

Hasil akhir dari adanya kegiatan tersebut ternyata dapat membawa dampak positif bagi orang tua, yakni meningkatkan rasa percaya diri. Jika orang tua sudah percaya diri, maka proses pengasuhan pun bisa berjalan dengan efektif.

3 Kelemahan Mengikuti Parenting School

Meski terdapat beragam keuntungan yang diperoleh. Nyatanya ada sisi lain yang harus ditanggung, sehingga tak jarang menimbulkan pergejolakan tersendiri.

1. Terkadang Topik Kurang Sesuai

Kontra pertama yang biasanya dihadapi oleh para orang tua yang mengikuti parenting school adalah topik materi yang kurang sesuai. Entah terlalu fokus membahas suatu masalah atau justru masalah yang diangkat masih terlalu umum.

2. Harga yang Kurang Bersahabat

Selanjutnya harga yang ditawarkan kurang bersahabat untuk semua lapisan. Tentu hal tersebut menjadi sebuah bencana jika terlalu dipaksakan pada beberapa pihak yang belum memiliki kestabilan finansial.

3. Waktu yang Terbatas

Seperti yang Anda ketahui bahwa kegiatan ini tentu akan memakan waktu yang tidak sebentar. Tentu hal semacam ini dapat berpengaruh pada tingkat produktivitas seseorang yang memiliki tingkat rutinitas harian tinggi.

Nah itu dia sekelumit penjelasan mengenai serba-serbi parenting school. Sebelum memulainya pastikan bahwa Anda telah memahami konsekuensi yang harus ditanggung seperti pada penjelasan sebelumnya. Semoga bermanfaat, dan untuk memperkuat insting sebagai orang tua, ada baiknya membaca artikel bondanita.com yang isinya seputaran parenting.