Cara Menghindari Penipuan di Shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia tidak heran banyak yang menggunakan Shopee sebagai marketplace utama mereka. Bahkan Shopee menjadi marketplace yang paling banyak digunakan di kalangan ibu rumah tangga. Meskipun Shopee telah menggunakan sistem rekening bersama (rekber) tidak berarti penipuan bisa sepenuhnya terhindar.

Oleh sebab itu, anda sebagai pengguna harus mengetahui cara menghindari penipuan yang ada di Shopee. Berikut ini beberapa cara menghindari penipuan di Shopee.

1. Pastikan terima barang sesuai harapan sebelum menyelesaikan transaksi

Terkadang orang yang menerima paket barang beliannya terlampau senang dan langsung mengkonfirmasi penerimaan barang. Padahal yang bagus adalah dengan membukanya terlebih dahulu untuk di cek. Setelah itu foto dan berikan review barang yang anda terima.

 

2. Cek barang apakah telah dikirim atau belum

Cara cek resi Shopee Standard Express sangat mudah, anda hanya perlu mengecek nya dengan cara berikut:

pertama, bukalah aplikasi Shopee atau Shopee.co.id di Android atau di PC. Setelah itu pada bagian bawah kanan ada ikon orang dengan tulisan “Saya” di bawahnya. Klik bagian tersebut lalu akan muncul pilihan-pilihan baru.

Pilihlah menu “dikirim” anda dapat mengklik pesanan yang hendak anda lacak keberadaannya. Setelah itu pesanan pun akan muncul yang menunjukan dimana barang berada.

 

3. Hati hati dengan orang yang mengatasnamakan Shopee

Terkadang ada pesan yang dikirimkan ke HP anda dengan mengaku sebagai pihak Shopee. Umumnya modus mengatakan bahwa anda adalah seorang pemenang atau pengguna setia Shopee yang mendapatkan hadiah. Untuk itu mereka meminta sejumlah uang untuk dikirimkan terlebih dahulu agar hadiah dapat sampai.

Jika anda mendapatkan yang seperti ini, jangan hiraukan karena mereka bisa dipastikan sebagai seorang penipu yang tengah mencoba untuk mengelabui anda.

 

4. Pastikan login via Shopee.co.id

Fishing adalah hal yang sangat populer dalam dunia hacking. Caranya adalah mereka mengambil data login anda, kemudian masuk ke akun anda dan membeli barang barang dengan uang yang ada di Shopee.

Mereka membuat situs tiruan Shopee.co.id dan anda diharuskan untuk login dan saat data dimasukan, mereka mendapatkan akses login untuk masuk ke akun anda.

 

5. Pastikan barang yang dibeli sesuai

Ada kasus lucu beberapa tahun lalu di Jakarta dimana seseorang membeli sebuah iPhone baru dan saat barang diterima ternyata hanya kertas print-an bergambar iPhone saja. Sontak hal itu membuat pembeli kaget dan tertipu.

Saat pembeli komplain, penjual merasa menjual dan mengirimkan barang yang tepat sang penjual menyuruh pembeli membaca deskripsi lagi. Dan saat pembeli mengecek deskripsi alangkah terkejutnya dia saat bagian paling bawah ada tulisan “(hanya menjual kertas bergambar HP saja)”.

Satu sisi penjual memang bermaksud menipu karena mustahil ada orang membeli kertas bergambar HP seharga HP yang ada di gambar tersebut. Di sisi lain ada keteledoran dari pihak pembeli yang tidak membaca deskripsi dengan jelas. Ajuan dan pelaporan tindakan penipuan yang pembeli layangkan melalui Shopee tidak ditanggapi. Meskipun kasus ini viral, belum ada tindakan apapun mengenai pembeli yang menjual kertas itu.

 

Disini kita bisa ambil pelajaran, beli lah dengan membaca deskripsi dengan detail terlebih dahulu meskipun sudah mengetahui seluk beluk produk yang hendak di beli karena terkadang penjual menyertakan informasi penting disana yang harus diketahui pembeli sebelum membeli.

 

Sumber: https://pojoksosmed.com