Cara Membantu Menurunkan Berat Kucing Persia Agar Tidak Obesitas

Memiliki kucing obesitas atau kegemukan memang menyenangkan, karena kucing akan terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Tapi bagi pecinta hewan yang sadar akan kesehatan, tentu tidak akan membiarkan hal semacam itu terjadi.

Apalagi jika tingkat kegemukan kucing sudah sangat tidak wajar. Pasti bakalan khawatir, takutnya kucing jadi diabetes juga. Kan kasihan.

menurunkan berat kucing

Untuk itu, berikut beberapa trik menurunkan berat kucing yang bisa Anda coba di rumah :

1. Kurangi Waktu Tidur Kucing

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam membuat badan ideal untuk kucing adalah dengan mengurangi waktu tidurnya. Caranya bagaimana ?

Yaitu dengan mengajaknya main saat siang hari agar kucing tidak tiduran doang. Selain itu pas sorenya juga bisa Anda ajak jalan jalan keliling komplek perumahan atau sekedar keliling rumah. Sekalian untuk bakar kalori juga.

2. Kurangi Porsi Makan Kucing

Nah hal yang kedua yang bisa dilakukan dalam menurunkan berat kucing menurut https://myhewan.com adalah dengan mengurangi porsi makan kucing secara perlahan. Misal yang tadinya sehari makan 4 kali jadi 3.5 kali lalu selanjutnya jadi 3 kali.

Caranya misal pagi siang sore, porsi makan normal. Namun ketika malam jadi setengah saja, nanti pas udah terbiasa malamnya jadi seperempat lalu dikemudian hari ditiadakan makan malamnya.

Program semacam ini sangat membantu dalam diet kucing demi mendapatkan berat badan kucing yang ideal.

3. Sering Ajak Gerak

Selain mengurangi jumlah asupan, Anda juga diharapkan dapat membantu mengeluarkan kalori yang sudah terlanjur menjadi lemak. Caranya yaitu dengan membantunya aktif bergerak. Anda bisa mengajaknya sering sering bermain. Atau Anda berikan teman bermain biar kucing bisa sering sering main dengan temannya.

 

4. Membiarkan Ia Berburu Binatang

Nah hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membiarkan ia berburu. Namun usahakan untuk melatihnya agar tidak memakan hasil buruannya.

Misalkan ia senang berburu kecoa, cicak, ataupun burung. Maka biarkan saja. Yang penting latih mereka untuk sekedar menangkapnya tanpa harus ia makan. Apalagi jika yang ia buru adalah kecoa. Maka cegah kucing makan kecoa. Karena itu cukup berbahaya bagi kucing.

5. Memberikan Makanan Penurun Berat Kucing

Ini merupakan upaya yang bisa Anda lakukan dari dalam. Yaitu dengan memberinya makanan penurun berat. Cari saja di toko online dengan mengetik “makanan untuk diet kucing” atau “makanan untuk menurunkan berat kucing” maka bakalan ada.

Oh ya sebelum Anda menentukan mau sampai mana kucing Anda di turunkan beratnya. Usahakan untuk mengetahui dulu berat kucing yang ideal. Misal untuk kucing Persia adalah 3.1 Kg sampai 5.5 Kg. Jadi ketika berat kucing Anda sudah sampai 5.5 Kg ke bawah, sebaiknya sudahi. Tak perlu dipaksakan sampai 3.1 Kg. Kasian kucingnya. hehehe