Sumber Daya Alam Di Sulawesi

Wilayah Sulawesi sendiri merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang cukup luas dan juga memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Nah dengan kekayaan alam tersebut masyarakat Sulawesi bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga dapat mengambilnya untuk di jual.

Nah wilayah Sulawesi sendiri memiliki luas sebesar 46.083,94 km dan juga memiliki jumlah penduduk sekitar 18 juta orang dan diprediksi akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya tahun. Dengan luas yang begitu besar maka tidak heran jika Sulawesi merupakan wilayah yang memiliki sumber daya alam melimpah.

sumber daya alam sulawesi

Pemerintah dan masyarakat harus saling bekerja sama untuk mengolah sumber daya dengan baik guna untuk menyejahterakan masyarakat di Sulawesi dan juga untuk menambah pendapatan pada pemerintah Sulawesi. Salah satu contoh kekayaan alam yang ada di Sulawesi adalah seperti kayu, batu bara, dan hasil pertanian.

Nah kali ini saya akan membahas apa saja kekayaan alam yang ada di Sulawesi beserta daerahnya. Yuk langsung saya simak penjelasan kami di bawah ini.

Selain itu kamu juga bisa menambah pengetahuan kamu dengan membaca informasi di alamalami.com tentang seputar alam, lingkungan dan iklim yang ada di Indonesia. Kamu jangan khawatir karena informasi yang diberikan akurat dan juga terpercaya.

Beberapa Sumber Daya Alam Yang Ada Di Sulawesi

  1. Sumber daya alam tambang dan galian (Sulawesi selatan)

Nah untuk wilayah Sulawesi selatan sendiri memiliki beberapa sumber daya alam yang mempunyai harga jual cukup tinggi, misalnya batu bara, nikel, pasir, marmer dan lainnya.

Kalian bisa memanfaatkan kekayaan alam yang ada untuk di ambil kemudian di jual. Namun dengan catatan mengambilnya secara baik dan tidak berlebihan sehingga tidak merusak ekosistem yang ada.

2. Sumber daya alam pertanian (Sulawesi tengah)

Selain sumber daya alam tambang, bagian Sulawesi selatan juga memiliki kekayaan alam pertanian. Dengan wilayah yang luas dan lahan yang masih kosong kamu bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk bertani misalnya menanam padi, jagung, singkong dan lainnya.

Dengan memanfaatkan lahan tersebut sebagai pertanian kamu akan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan juga dapat dijual sehingga meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

3. Sumber daya alam minyak dan gas alam (Sulawesi barat)

Sedangkan bagian wilayah Sulawesi tengah sumber daya alam yang ditemukan yaitu gas alam dan minyak. Tentunya ini merupakan salah satu sumber daya alam yang cukup berharga karena gas dan minyak sendiri memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran.

Untuk dapat dijual kamu perlu untuk mengolah terlebih dulu sumber daya alam dan gas tersebut. Contoh pemanfaatan gas alam yaitu dibuat menjadi bahan bakar, Gas LPG sedangkan minyak dapat dimanfaatkan untuk produk keperluan dapur, bahan utama alat pembakaran, industri kimia dan lainnya

Nah itu dia penjelasan saya tentang sumber daya alam di Sulawesi. Apabila ada salah kata ataupun tulisan mohon maaf sebesar besarnya.