Cara Mempercepat Proses Download di PC/Laptop dan HP

Di era saat ini, Internet bisa dibilang memiliki semua hal yang kita ingin ketahui. Mulai dari berita informasi terkini, permainan, game, aplikasi, dokumen, video, atau beragam hal lainnya bisa didapatkan dari internet. Beruntungnya lagi, informasi atau pun konten lain yang ada internet bisa kita download untuk dilihat sewaktu waktu tanpa harus memiliki koneksi internet yang aktif.

Namun, terkadang saat sedang ingin mendownload, proses download bisa menjadi lambat dan membuat kita jadi kesal. Bahkan hal ini berlaku terhadap file yang dari segi ukuran bisa dibilang kecil dan karena proses download yang lambat jadi membutuhkan waktu yang berkali-kali lipat lamanya. Untuk itu, simak tips dari situs Teknolagi selengkapnya.

1. Bandingkan Kecepatan Situs

Kecepatan InternetSaat mendownload suatu file dari internet dan merasakan proses yang lambat, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap kecepatan download dari server situs tersebut. Sederhananya kamu bisa melakukan perbandingan download dari sumber pertama contoh Google Drive, kedua dari situs tersebut.

Jika dari Google Drive kamu bisa mendapatkan kecepatan yang lebih kencang, itu dapat diartikan bahwa permasalah proses download lambat tersebut bukan berada pada sisi kamu, melainkan dari sisi server situs sumber download tersebut. Solusinya, kamu bisa mencari alternatif situs yang lainnya. Umumnya biasa suatu website menyediakan halaman mirror link untuk sumber lainnya.

2. Memilih ISP yang Tepat

ISP

Jika kamu ingin mendapatkan kecepatan download yang cepat, maka ISP memiliki peran yang sangat penting disini. Kamu bisa melakukan pemilihan ISP terbaik untuk digunakan. Pada lokasi tertentu umumnya terdapat ISP yang diunggulkan dengan sinyal dan kecepatan yang ditawarkan, sehingga kamu bisa mendapatkan speed yang kencang.

Pertimbangkan pula terkait kuota dan paket yang ditawarkan. Jangan langsung tergiur dengan harga murah tanpa mempertimbangkan hal lainnya. Biasanya beberapa ISP ada yang menjanjikan kuota unlimited, namun biasanya juga diterapkan aturan FUP yang menyebabkan jika penggunaan internet kamu telah melebihi batas limit, maka kecepatan akan menurun.

3. Mendekati Sumber Sinyal

Sinyal WiFi

Khusus kamu yang menggunakan koneksi WiFi untuk dapat terhubung ke internet, ada baiknya untuk mendekati sumber pemancar sinyal untuk mendapatkan sinyal dan koneksi yang terbaik. Jika kamu terhubung ke jaringan WiFi dengan sinyal lemah, maka akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan transmisi saat kamu sedang melakukan download.

Namun, pada beberapa kasus, pengguna menggunakan komputer dan sulit untuk dipindah-pindah posisinya. Jika seperti ini, maka ada baiknya kamu untuk melakukan penambahan perangkat pemancar agar area yang kamu gunakan saat itu bisa memiliki sinyal WiFi yang lebih baik.

4. Hindari Download File Secara Bersamaan

Download

Mungkin saat kamu ingin mendownload banyak file, kamu pernah melakukan proses download langsung banyak dalam satu waktu. Ada baiknya hal seperti ini untuk dihindari, karena dapat menyebabkan proses download akan menjadi sangat lama. 

Jika kamu mendownload file secara bersamaan, maka kecepatan download yang kamu miliki akan menurun untuk setiap prosesnya, karena akan terbagi sejumlah file yang didownload. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memprioritaskan file yang ingin didownload dan dilakukan secara satu persatu.

5. Menggunakan VPN

VPN

Jika saat proses download kamu sedang menggunakan VPN, maka ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa proses download kamu menjadi lama. Jika memang situs sumber download kamu tersebut tidak diblokir oleh pemerintah setempat, ada baiknya untuk menggunakan koneksi tanpa VPN agar proses bisa menjadi lebih cepat.

Namun, jika memang membutuhkan koneksi VPN, maka kamu bisa memilih layanan penyedia VPN yang memiliki kualitas kecepatan yang berbeda. Karena jika kamu salah memilih layanan VPN, maka akan berdampak pada menurunnya kecepatan, bahkan bisa hingga berkali-kali lipat dari kecepatan asli koneksi kamu.