Yuk Efektifkan Pendidikan Karakter Dengan 5 Tips Pengintegrasiannya Berikut

Pendidikan karakter merupakan sebuah konsep pendidikan yang mengutamakan pembentukan karakter pada setiap peserta didik. Konsep pendidikan seperti ini sangat cocok diterapkan pada keadaan pendidikan Indonesia yang kian hari kian merosot nilai moral para peserta didiknya. Agar pendidikan karakter berjalan efektif, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Simak tips pengintegrasian pendidikan karakter berikut ini.

Sesuaikan Dengan Tema Pelajaran

Pada tiap mata pelajaran pasti selalu bisa disesuaikan dengan pendidikan karakter yang ada. Tiap karakter yang terbentuk dapat berproses melalui materi pelajaran yang ada. Siswa bisa mendapatkan karakter yang diharapkan melalui materi yang sesuai. Misalnya saja karakter berpikir kritis dapat diperoleh melalui pelajaran matematika.

Gunakan Pendekatan

Siswa yang jauh dari gurunya biasanya mempunyai masalah dengan moralnya. Siswa akan merasa takut kepada gurunya karena dirinya merasa bersalah. Untuk itu, gunakan pendekatan kepada tiap siswa agar siswa bisa lebih leluasa dalam membentuk karakternya.

Baca juga : Pusat Percetakan Online

Kenali Karakter Siswa

Dengan mengenali tiap karakter siswa, guru bisa dengan lebih mudah mengarahkan karakter siswa ke arah yang lebih baik. Siswa adalah individu yang unik, jadi sudah sewajarnya guru harus bisa mengenali tiap karakter siswa yang ada. Melalui pengenalan  karakter siswa ini, guru bisa lebih mendekat kepada siswa dan membimbing siswa ke arah yang lebih positif.

Tingkatkan Pemahaman Siswa

Siswa harus diberikan pemahaman atau sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan karakter yang diterapkan. Setiap sosialisasi ini bisa menyadarkan siswa akan pentingnya bersikap baik. Siswa harus bisa menanamkan pada dirinya sendiri mengenai pentingnya memiliki karakter yang diharapkan ini.

Berikan Contoh Pada Siswa

Satu contoh selalu lebih baik daripada sejuta perintah. Siswa tidak akan pernah bisa berubah menjadi baik hanya melalui perintah. Guru harus memberikan contoh nyata kepada siswanya. Jika guru menginginkan siswanya bersikap disiplin, maka guru harus memberikan contoh bagaimana caranya bersikap disiplin.

Tips-tips tersebut bisa diterapkan di setiap sekolah yang ingin menerapkan pendidikan karakter dalam kurikulumnya. Cara tersebut akan membantu para guru memperoleh tujuan pendidikan yang sesungguhnya. Untuk itu, jangan pernah lelah untuk selalu berusaha mencetak generasi yang lebih baik.