Cara Mudah Merawat Furniture Kayu Jati Supaya Tahan Lama

Furniture yang hadir di pasaran tersaji dalam banyak bahan, diantaranya bahan kayu jati. Pasalnya kayu jati mengandung minyak alami sehingga membuatnya tahan air dan tidak mudah dimakan rayap. Bobotnya yang lebih berat dari pohon lainnya juga membuat kayu jati lebih kokoh jika digunakan sebagai bahan furniture Jepara. Furniture Jepara paling sering dicari karena kualitasnya yang sangat bagus. Berikut ini akan diberikan 5 cara untuk merawat furniture kayu jati seperti furniture Jepara upaya tahan lama.

5 Cara Mudah Merawat Furniture Kayu Jati Jepara Supaya Tahan Lama

  • Rajin dibersihkan setiap hari

Furniture Jepara yang sering dibersihkan akan semakin terlihat indah dan tahan lama, karena secara tidak langsung pemiliknya merawatnya dengan baik setiap hari. Pembersihan bisa berupa disapu, dilap dengan lap berbahan lembut maupun diusap dengan kemoceng. Setiap detil bagiannya harus dibersihkan tanpa terkecuali. Tujuannya agar tidak ada noda yang tertempel di bagian manapun, serta membuat furniture semakin awet.

  • Berhati-hati dalam menangani furniture Jepara

Furniture kayu jati harus diberi penanganan yang baik dalam berbagai hal. Misalkan ketika dipindahkan menuju suatu tempat. Pemindahan ini tidak boleh asal digeser atau didorong, tetapi diangkat perlahan bagian bawahnya. Contohnya saat mengangkat kursi dari kayu, maka cara yang tepat adalah mengangkat bagian tempat duduknya yang bawah, bukan diangkat  bagian sandaran saja.

  • Dipoles dengan cairan minyak jati

Bagi pemilik furniture Jepara yang menyukai warna alami kayu jati, perawatannya cukup dipoles dengan menggunakan cairan dari kayu jati. Pemolesan yang rutin akan membuat furniture semakin mengkilap dan terlihat antik. Caranya cukup basahi kain lap dengan cairan tersebut kemudian peras kain, lalu usap bagian furniture secara perlahan. Pastikan bahwa tidak ada cairan yang tersisa.  Jika masih ada sisa cairan, maka di lap kembali dengan lap kering supaya furniture Jepara terlihat lebih indah.

  • Furniture Jepara di luar ruangan dijaga keindahan warnanya

Jika ada furniture kayu jati yang penempatannya di luar ruangan, maka perlu dilakukan perawatan yang lebih intensif dengan dipoles menggunakan cairan khusus. Hal ini selain untuk menjaga keindahan warna dari furniture juga untuk memperpanjang umur proteksi lapisan coating.

  • Dibersihkan dengan bahan-bahan alami

Ada banyak bahan alami yang melimpah di dalam rumah. Bahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membersihkan furniture Jepara dengan takaran yang tepat. Diantara bahan-bahan yang dimaksud adalah jeruk nipis, minyak zaitun, air teh basi, air cuka tepung sagu atau maizena, dan biji kemiri.

Itu tadi 5 cara mudah merawat furniture kayu jati Jepara supaya tahan lama dan terlihat seperti baru. Setiap detil furniture harus diperhatikan kebersihannya. Waktu pembersihan juga harus diperhatikan. Semakin sering dibersihkan, semakin bagus juga hasilnya.