Kamu Wajib Tahu! Selain Ramen, Ini Dia Jenis-jenis Mie Yang Ada di Jepang!

Jepang selalu saja menjadi sorotan oleh banyak orang, dengan keunikan dan keistimewaan yang terdapat di dalamnya. Keunikan tersebut salah satunya adalah Makanan Jepang yang begitu menggoda dan sangat terkenal dari rasa khasnya. Salah satu makanan khas Jepang seperti Mie khas Jepang yang menjadi sorotan di mata publik seperti Mie Ramennya.

Menikmati kuliner khas Jepang tanpa mencicipi makanan mie itu sama seperti kurang puas untuk menikmati kunjungan ke Jepang. Karena Mie merupakan salah satu ikonik Jepang yang terpopuler. Namun, apakah kalian tahu, apa sajakah jenis-jenis mie Jepang? Jika tertarik, simaklah beberapa jenis-jenis mie Jepang.

1. Mie Ramen

Mie Jepang yang pertama adalah Mie Ramen. Mungkin dari kalian sudah banyak yang tahu dengan jenis mie yang satu ini. Menurut zonamakan.com, mie ramen merupakan mie Jepang yang paling terkenal dan begitu nikmat saat disantap panas. Mie ini terdapat 3 jenis sajian seperti dengan kuah yang panas (Shoyu Ramen), kuah dingin (Hiyashi Chuka), dan Ramen Goreng (Yakisoba).

Untuk jenis Ramennya tergantung dari  daerah mana yang membuatnya. Dengan begitu, mie yang satu ini menjadi memiliki banyak nama seperti Yokohama ramen, Tokyo ramen, Kitakata ramen, Hakata ramen, dan masih banyak lainnya. Jadi disetiap daerahnya memiliki keunikan yang khas dalam pembuatan ramen itu, mulai dari segi topping, kuah, dan ukuran mie.

2. Soba

Yang selanjutnya adalah Soba. Soba ini berbeda dengan ramen, soba disajikan dari gandum. Bahan itulah yang merubah warna dari sobanya menjadi coklat keabu-abuan, dan juga mempunyai aroma kacang yang khas. Soba merupakan salah satu mie yang paling digemari oleh masyarakat Jepang dan paling nikmat dimakan bersama kuah kaldu tsuyu yang terbuat dari bahan kecap asin.

Hingga kini soba makin memiliki banyak sekali berbagai sajian soba yang begitu menggoda. Tidak hanya sajiannya yang panas, namun mie Jepang yang satu ini terdapat versi kuah kaldu yang dingin. Pembedanya adalah cara makannya, bukan dengan kuah kaldu, melainkan ditambah dengan saus celup atau sayuran garnish.

Jika kalian tertarik, kalian bisa mengunjungi restoran Jepang yang terdapat di daerah kalian

3. Udon

Mie Jepang yang berikutnya adalah Udon. Mie yang satu ini sangat mudah untuk dikenali, karena memiliki tekstur mienya yang tebal. Mie Udon ini merupakan mie yang memiliki tekstur paling tebal di Jepang. Mie udon dihidangkan dingin ditambah dengan saus atau kuah kaldu. 

Udon juga menyediakan topping untuk menambah penampilan seperti daging, telur serta sayur-sayuran. Untuk versi gorengnya, udon dibuat dengan kecap kedelai untuk menambah aroma dan rasanya. Jika di Prefektur Yamanashi, udkn dikenal dengan sebutan "Hoto udon" udon tebal disajikan dengan sup miso kental dan ditambahkan dengan sayur-sayuran.

4. Shirataki

Mie Jepang yang selanjutnya adalah Shirataki. Mie yang satu ini disajikan dengan Konnyaku, sejenis umbi-umbian yang difermentasi menjadi nata de coco, namun tidak memiliki rasa. Jeli tersebut, dapat dijadikan sebagai topping, atau bisa juga dijadikan topping untuk makanan khas lainnya.

Shirataki memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah karbohidrat, dan gluten-free, sehingga menjadikan makanan yang satu ini terkenal di beberapa negara dan dijadikan sebagai salah satu makanan yang sehat. 

5. Yakisoba

Jenis mie yang berikutnya adalah Yakisoba, meskipun banyak yang bilang Yakisoba adalah makanan Ramen Dingin, namun sebenarnya Yakisoba ini memiliki perbedaan dengan mie ramen. Mie yang digunakan dalam pembuatan Yakisoba ini umumnya tipis dan keriting. 

Ketika dibuat, umumnya Yakisoba ini dicampurkan dengan jenis sayur-sayuran, seperti kol, wortel, dan bawang. Untuk bahan tambahan yang lain juga dapat ditambahkan sesuai selera kalian, seperti daging ayam, jamur, tauge, dan sebagainya. 

Yang pasti, makin banyak sayuran yang kalian tambahkan, maka akan semakin sehat juga menu makanan yang satu ini. Jika kalian tertarik untuk mencobanya Yakisoba ini sangat dikenal dan mudah didapatkan di restoran Jepang di daerah kalian.

6. Somen

Mie jepang yang terakhir adalah Somen. Jenis mie jepang yang satu ini biasa disajikan saat kuah dingin, jadi makanan ini seringkali disajikan di saat musim panas. Somen ini dibuat dari gandum putih dengan bentuk tipis dan dihidangkan dengan bumbu tsuyu (saus celup dibuat dari mirin, kecap kedelai, dan "dashi" ; dibuat dari ikan, rumput laut dan air), bawang dan jahe.