Mengenal Durian Musang King Yang Katanya Rasanya Juara

Malaysia sebagai negara penghasil durian terbanyak setelah Thailand. Memiliki berbagai macam varietas buah durian unggul dengan citarasa yang beragam. Diantara berbagai macam varietas buah durian yang ada di Malaysia itu salah satunya yang paling terkenal adalah durian musangking.

Di Indonesia pun durian yang satu ini sangat terkenal, hampir semua penikmat durian kenal dengan durian musang king, meski belum semua pernah mencicipi. Hal ini dikarenakan ketersedian buang lebih kecil dibanding permintaan pasar. Tak ayal banyak penangkar yang jual bibit durian musang king untuk dikebunkan dalam skala luas, demi memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia maupun mancanegara.

Durian musangking atau durian raja kucing sangat terkenal dikalangan pencinta durian. Ketenarannya bahkan mampu mengalahkan durian montong asal Thailand. Hal ini bukan tanpa sebab. Tentu saja durian musangking memiliki banyak sekali keunggulan, mulai dari rasa, aroma, dan daging buahnya. Dengan keunggulan tersebut beberapa orang bahkan menjulukinya sebagai rajanya buah durian. Lalu apa saja sebenarnya keunggulan buah durian musangking ini.

1. Rasanya Juara

Citarasa durian musangking terkenal sebagai citarasa durian yang mantap, dengan rasa manis dan sedikit pahit karena kadar alkohol di dalam buahnya. Membuat banyak penikmat durian lokal jatuh cinta dengan rasa durian ini. Aromanya khas aroma buah durian, yaitu harum menyengat dan sedikit alkoholik. Tekstur daging buahnya sangat lembut, orang yang memakan durian ini akan merasakan sensasi seperti memakan mentega yang meleleh di dalam mulut.

2. Daging Buahnya Tebal dan Warna yang Cantik

Daging buah durian musangking sangat tebal, selain itu bijinya juga kecil dan kempes sehingga semakin mempertebal daging buahnya. Bukan hanya itu, tekstur daging buah durian musangking juga lembut dan kering. Serta memiliki warna yang cantik, yaitu warna kuning kunyit..

3. Adaptasi yang Tinggi

Pohon durian musang king memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Bibitnya dapat tumbuh pada tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Tapi untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal, durian musangking harus ditanam pada ketinggian ideal antara 400 sampai 600 mdpl.

Di daerah seperti malang dengan ketinggian hampir 1000 mdpl, pohon durian musangking tetap dapat tumbuh. Tapi menghasilkan buah dengan bentuk dan citarasa yang berbeda. Warna daging buahnya lebih pucat, tapi memiliki rasa yang tidak kalah enak. Daging buahnya gurih,lengket,  dengan kombinasi manis dan pahit yang seimbang. Tapi pohon durian musangking yang ditanam pada ketinggian tersebut memiliki kecepatan pertumbuhan yang lebih lambat.

4. Genjah

Bukan hanya memiliki rasa buah yang mantap. Pohon durian musangking juga memiliki keunggulan cepat dan berbuah banyak atau biasa disebut genjah.

Saat pohon berusia 3 sampai 4 tahun setelah masa penanaman, jika dirawat dengan baik dan benar buah durian musangking sudah dapat dipanen. Berbeda dengan kebanyakan durian lain yang membutuhkan waktu selama 5 sampai 6 tahun baru bisa dipanen.

5. Memiliki Nilai Pasar yang Tinggi

Durian musangking memiliki nilai jual yang tinggi yaitu mencapai Rp. 135.000/kg. Bahkan buah durian musangking yang utuh dan masih segar, di daerah seperti Surabaya harganya bisa dibandrol Rp. 150.000/kg. Jika dijual dalam keadaan frozen atau beku harganya durian musang king bisa mencapai Rp. 465.000.

Jika membeli langsung dari kebunnya, durian musang king dijual perbutir dengan harga Rp. 75.000 sampai Rp. 100.000. Harganya tentu saja memiliki selisih yang banyak jika dibandingkan dengan harga durian lokal yang hanya berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 30.000 perbutir.

Bukan hanya buahnya, bibit durian musangking juga memiliki harga yang cukup tinggi. Yaitu berkisar antara Rp. 150.000 sampai Rp. 300.000 tergantung seberapa tinggi bibitnya.

6. Jenis Durian Yang Populer

Semenjak kehadirannya, durian musang king sudah memikat banyak hati penikmat durian Indonesia. Walaupun banyak durian import yang telah beredar di Indonesia, durian musangking adalah durian yang paling banyak dicari. Berkat sekian banyak keunggulan yang dimilikinya, durian musangking dapat menggeser kepopuleran durian montong asal Thailand, yang telah lama menduduki singgasana sebagai rajanya durian.

Itulah beberapa keunggulan durian musangking alias durian raja kucing asal Malaysia. Durian yang disebut-sebut sebagai rajanya buah durian. Karena aroma, rasa, dan keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh jenis durian lain. Bagi anda yang ingin mencoba membudidayakan durian yang satu ini, saran kami belilah bibit dari petani yang jual bibit durian unggul seperti musangking ini dengan hati hati. Karena saat ini masih banyak penjual nakal yang mengirimkan bibit tidak sesuai dengan jenis yang dipesan.